Kedisiplinan Mahasiswa Kunci Keberhasilan PTM Terbatas di Kampus

Neneng Zubaidah, Koran SI · Senin 30 Agustus 2021 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 65 2463381 kedisiplinan-mahasiswa-kunci-keberhasilan-ptm-terbatas-di-kampus-GuMoEvrkJ4.png Mendikbudristek, Nadiem Makarim (foto: istimewa)

JAKARTA - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dapat dilakukan perguruan tinggi di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 hingga 3.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan, PTM terbatas di kampus akan mengikuti aturan main yang ditetapkan SKB 4 Menteri. Menurut dia ada berbagai hal yang harus dilakukan mahasiswa pada PTM terbatas. Namun kuncinya adalah kedisiplinan.

"Memakai masker selama berada di kampus, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak dan menerapkan etika batuk dan bersin," katanya.

Baca juga:  Pelajar dan Mahasiswa Antusias Vaksinasi Massal di Bogor Sebagai Syarat PTM

Nadiem menekankan, kedisiplinan menjadi point penting yang harus dijaga baik-baik. Sebab jika muncul penularan Covid-19 di kampus dan menjadi kluster maka pemerintah daerah dan pusat pun tidak akan membolehkan kampus untuk PTM terbatas yang terbukti tidak menjaga kedisiplinan.

"Dan ini ujung-ujungnya ada di tangan mahasiswa. Sehingga jika mahasiswa ingin melaksanakan tatap muka dengan cara aman, kedisiplinan mahasiswa itulah yang akan menjadi kunci dari keberhasilan," ungkap Mendikbudristek.

Baca juga:  Pembelajaran Tatap Muka Digelar, Siswa Senang Bisa ke Sekolah Kembali

Selain menjaga protokol kesehatan, peran mahasiswa yang lain seperti mencegah temannya yang sedang sakit untuk tidak masuk kuliah dulu. Mendikbudristek juga meminta mahasiswa untuk disiplin dalam berinteraksi di dalam maupun diluar kelas.

Nadiem juga mendorong mahasiswa yang belum vaksin untuk mendaftarkan diri ke sentra vaksinasi. Sementara bagi mahasiswa yang sudah vaksin, ujarnya, diminta menyebarkan pesan kepada mahasiswa lain tentang pentingnya vaksinasi ini.

"Jadi saya tekankan sekali lagi berhasil tidaknya PTM terbatas tergantung komitmen mahasiswa untuk saling menjaga dan saling melindungi," pungkasnya. (din)

(rhs)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini