Share

Asesmen Nasional Pendidikan, Siswa Terpilih Akan Jalani Tes Selama 4 Jam

Kevi Laras, MNC Portal · Jum'at 27 Agustus 2021 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 27 65 2461984 asesmen-nasional-pendidikan-siswa-terpilih-akan-jalani-tes-selama-4-jam-NgkICfxzEK.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Para siswa yang dilibatkan dalam Asesmen Nasional (AN) 2021 di sekolahnya akan menjalani dua sesi tes pada hari yang ditentukan, masing-masing selama dua jam.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) dan Perbukuan Kemendikbudristek, Anindito Aditomo menerangkan, sebelum menghadapi tes yang total berlangsung selama empat jam tersebut, siswa diberi kesempatan untuk “pemanasan” atau pengenalan terhadap tes berupa contoh soal.

“Untuk siswa SD atau sederajat, ‘pemanasannya’ satu jam. Untuk siswa SMP dan SMA atau sederajat, pemanasannya 10 menit. Ada juga yang pemanasannya sehari sebelumnya atau kita istilahkan ‘gladi bersih’,” jelas Nino -sapaan Anindito- kepada MNC Media. Di antara peralihan sesi, siswa dipersilakan untuk istirahat.

Baca juga:  Mendikbudristek: Asesmen Nasional Tak Menimbulkan Konsekuensi ke Individu Guru, Siswa dan Kepsek

Diberitakan sebelumnya, Kemendikbudristek akan menggelar AN 2021 pada September hingga November 2021 mendatang untuk memetakan tingkat literasi sekolah secara keseluruhan dan efektivitas dinas pendidikan setempat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. AN terdiri atas Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.

Baca juga:  Nadiem Pastikan Asesmen Nasional Tidak Ada Konsekuensi untuk Sekolah dan Murid

Siswa yang terlibat AN dipilih secara acak sebanyak 30 orang per sekolah dan sudah merepresentasikan semua kelas.

“Hasil AN 2021 bukan berupa skor individu dan tidak berpengaruh terhadap prestasi akademik siswa. Ini murni untuk mengukur kualitas sekolah,” tegas Nino.

Sekolah yang ikut AN 2021 berada di zona level 3 pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sehingga sudah bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM). Jadwal AN tingkat SMK dan Paket C/Ulya pada pekan keempat September 2021, SMA/MA pada pekan kelima September 2021, SMP/MTs dan Paket B/Wustha pada pekan pertama Oktober 2021, serta SD/MI dan Paket A/Ula pada pekan kedua dan ketiga November 2021. (din)

(rhs)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini