Share

13.272 Mahasiswa Lolos Seleksi Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat 2021

Neneng Zubaidah, Koran SI · Selasa 24 Agustus 2021 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 65 2460272 13-272-mahasiswa-lolos-seleksi-program-magang-dan-studi-independen-bersertifikat-2021-ASus2pqRcC.jpg foto: istimewa

JAKARTA - Sebanyak 13.272 mahasiswa dinyatakan lolos dalam seleksi dan diterima sebagai peserta pada program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kemendikbudristek periode pertama tahun 2021.

Pada program MSIB ini, para peserta akan menjalani magang dan studi independen bersama 122 mitra penyelenggara program. Terdapat juga 555 perguruan tinggi asal mahasiswa yang telah memfasilitasi, mendukung dan memberikan segala upaya untuk kelancaran dalam program ini dengan segala fleksibilitas dan dinamikanya.

Baca juga:  Ini Manfaat Magang bagi Mahasiswa

Mengawali sambutannya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang telah lolos seleksi dan menjadi peserta MSIB.

“Ini adalah hadiah yang terbaik untuk Indonesia yang baru saja berulang tahun yang ke-76. Saya ucapkan selamat kepada adik-adik mahasiswa beserta Ibu dan Bapak atas capaian ini,” kata Nadiem pada National Onboarding Mahasiswa Program MSIB 2021 melalui siaran pers, Selasa (24/8/2021).

 Baca juga: Mendikbudristek : Riset Adalah Magang Model Baru

Untuk itu, Nadiem berpesan agar para mahasiswa bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas dan manfaatkan kesempatan emas ini.

“Keberhasilan ini barulah awal dari perbaikan sistem pendidikan yang sedang kita upayakan. Angka 13 ribu ini masih kecil dibandingkan 8 juta total mahasiswa di Indonesia yang berhak menikmati kemerdekaan dalam belajar,” tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Selanjutnya, Nadiem juga berpesan kepada para dosen dan pimpinan perguruan tinggi untuk menjadi duta Kampus Merdeka di kampus masing-masing, karena program ini masih membutuhkan banyak sekali adaptasi di sisi manajemen perguruan tinggi.

Tak lupa, Nadiem berharap kepada para pelaku bisnis atau mitra industri agar kolaborasi dengan perguruan tinggi dapat terus dilanjutkan dan diperkuat sehingga menghasilkan talenta-talenta yang akan diperlukan pada industri tersebut.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Nizam menyampaikan, program MSIB 2021 adalah pilihan dengan berkolaborasi antara kampus dengan dunia industri. Nizam pun berharap bahwa lahirnya talenta-talenta yang besar dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

“Ini menjadi PR kita bersama untuk memastikan bahwa seluruh teman-teman industri tidak ada pilihan lain kecuali bergandengan tangan dengan perguruan tinggi dan talenta yang memang dibutuhkan di dunia kerja tadi,” ucapnya.

Nizam juga menyatakan tujuan adanya program MSIB 2021 periode satu ini adalah semangat untuk membangun pool talent yang kompetitif, berdaya saing dan memiliki kompetensi-kompetensi yang komprehensif, tidak hanya diperoleh dari teori akan tetapi juga dari praktek di dalam program magang.

“Jadi, kita mencoba betul belajar berenang di laut lepas tadi. Sesuai dengan tadi, semangat kita untuk membangun pool talent yang memang kompetitif, berdaya saing, mempunyai kompetensi-kompetensi yang komprehensif,” ungkapnya. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini