Share

Kemendikbudristek : Layanan Terintegrasi Mudahkan Dosen Terapkan Kebijakan MBKM

Antara, · Kamis 19 Agustus 2021 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 19 65 2458005 kemendikbudristek-layanan-terintegrasi-mudahkan-dosen-terapkan-kebijakan-mbkm-uU6Vv1cBjE.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Direktur Sumber Daya Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek, Dr Mohammad Sofwan Effendi mengatakan, layanan terintegrasi yang diluncurkan bertujuan untuk memudahkan dosen dalam menerapkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Peluncuran layanan terintegrasi ini memungkinkan dosen untuk lebih fleksibel dalam penerapan Tridharma perguruan tinggi dan MBKM,” katanya dalam peluncuran layanan terintegrasi yang dipantau di Jakarta, Kamis (19/8/2021).

Baca juga:  Kemendikbudristek Luncurkan Sistem Layanan Dosen yang Terintegrasi

Dia menambahkan, layanan terintegrasi tersebut diperuntukkan untuk dosen Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) dan Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK), dan memungkinkan fleksibel dalam pelaksanaan Tridharma di dalam dan di luar perguruan tinggi.

Kemendikbudristek meluncurkan Laman penilaian angka kredit (PAK), Selancar PAK Mobile, SISTER BKD, dan API Portofolio SISTER. Untuk Laman PAK dirancang ulang dan lebih interaktif. Berikutnya yakni Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) Beban Kerja Dosen (BKD) yang merupakan aplikasi mobile yang mengintegrasikan konten dengan SK Lektor Kepala dan Guru Besar, sehingga dosen dengan mudah memantau perkembangan usulan jabatan fungsional dari tahapan PAK ke SK secara terintegratif.

 Baca juga: Kemendikbudristek: Siswa dan Guru Perlu Dibekali Kecakapan Digital

Selanjutnya, Selancar PAK Mobile yang merupakan aplikasi mobile dari Laman PAK. Terakhir, API Portofolio SISTER yang menghubungkan aplikasi berbeda dalam platform yang sama maupun yang berbeda.

“Ini merupakan langkah awal dalam manajemen transformasi sumber daya manusia di jenjang pendidikan tinggi,” terang dia.

Layanan terintegrasi tersebut, tambah dia, merupakan upaya Kemendikbudristek dalam menyederhanakan hal-hal yang bersifat administratif.

“Layanan ini diperuntukkan bagi dosen dibawah Kemendikbudristek maupun di luar Kemendikbudristek,” terang dia.

Sementara itu, Sekretaris Ditjenristek, Paristiyanti Nurwardani, mengatakan transformasi perguruan tinggi tidak hanya dilakukan melalui kebijakan MBKM, tetapi juga transformasi layanan bagi dosen. Paristiyanti menjelaskan bahwa pihaknya betul-betul menyiapkan layanan tersebut yang terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti).

“Misalnya untuk aplikasi API sudah terintegrasi antara sistem yang ada di perguruan tinggi dengan PDDikti. Jadi tidak perlu input data satu per satu,” katanya. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini