Share

Kalahkan 4 Ribu Pesaing, Pelajar Indonesia Sabet Prestasi Runner-up ITC

Erfan Maaruf, iNews · Senin 16 Agustus 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 65 2456361 kalahkan-40-ribu-pesaing-pelajar-indonesia-sabet-prestasi-runner-up-itc-aW40qS72yh.jpg foto: istimewa

JAKARTA - Pelajar Indonesia Riefka Azka Aulia Hasna, bersama Seojin Ahn dari Korea yang tergabung dalam tim Felicity ditetapkan sebagai runner-up kedua dalam ajang kompetisi International Trade Challenge (ITC) ke-15.

Keduanya ditetapkan sebagai runner-up karena telah berhasil mempresentasikan ide edukator boneka beruang yang menggunakan teknologi AI. Reifka bersama Seojin masuk sebagai finalis dan ditetapkan sebagai runner-up setelah mengalahkan 4.000 calon mahasiswa wirausaha lainnya.

Baca juga:  Siswa SMA Pradita Dirgantara Raih Medali Emas Lomba FIKSI 2020

Ide edukator boneka beruang diambil sebagai solusi atas metode pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi Covid-19. Edukator boneka beruang yang menggunakan teknologi AI dibuat untuk mendukung anak-anak kecil dalam pembelajaran jarak jauh.

Edukator boneka beruang dapat mendukung percakapan dan emosional dalam pembelajaran menggunakan big data. Edukator boneka beruang dapat menghasilkan pembelajaran anak yang lebih akrab.

Baca juga:  Ungguli Peserta dari 72 Negara, Siswa Madrasah Ini Juara Kompetisi Astronomi International

Perlu diketahui bahwa kompetisi ITC ke-15 kali ini merupakan kali pertama diikuti oleh pelajar Indonesia. Selaian Reifka dari Indonesia ada sejumlah pelajar lain yang ikut dalam ajang tersebut di antaranya dari China Daratan, Hong Kong SAR, India, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Korea Selatan, dan Vietnam.

Edukator boneka beruang buatan Reifka Azka dan Soejin dibuat untuk membuat sebuah strategi produk yang dapat masuk ke pasar Inggris sehingga membuat orang-orang merasa pulih dari pandemi atau mengatasi dampaknya.

Reifka merupakan salah satu dari 60 finalis yang berhasil mempresentasikan ide mereka selama tiga hari kompetisi yang ketat di depan panel pemimpin bisnis regional.

Pemenang dalam kompetisi ini adalah tim The Peak Performers yang terdiri dari pelajar Putri Cecile F. Gurrea dari Filipina dan Chaerin Park dari Korea Selatan. Kemudian tim Kanina Jurong Ligers yakni Wong Yong-Cheng dari Singapura dan Aastika Jain dari India dinobatkan sebagai runner-up pertama.

"Melalui program ini, kami percaya dapat memberdayakan generasi berikutnya, menanamkan budaya belajar dan memberi generasi muda kita alat yang tepat, yang akan membantu kawasan ini mempersiapkan masa yang akan datang,” kata Kawal Preet, President, Asia Pacific, Middle East and Africa (AMEA) region, FedEx Express dalam keterangan tertulis, Senin (16/8/2021). (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini