Share

Bantu Perkuliahan, IPB Sediakan Akun Zoom Premium untuk Dosen dan Mahasiswa

Neneng Zubaidah, Koran SI · Kamis 12 Agustus 2021 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 65 2454558 bantu-perkuliahan-ipb-sediakan-akun-zoom-premium-untuk-dosen-dan-mahasiswa-qBoDtFNLeW.jpg IPB University (foto: Dok Sindo)

JAKARTA - Sivitas akademika IPB University, baik dosen maupun mahasiswa akan mendapatkan akun Zoom secara premium.

Direktur Sistem Informasi dan Transformasi Digital (SITD) Julio Adisantoso menyebutkan, IPB University telah melanggan zoom untuk 1.500 akun dosen terhitung mulai tanggal 30 Juli 2021. Untuk mahasiswa, telah disediakan sebanyak 36.550 akun.

Kapasitas setiap akun yakni 300 partisipan dengan waktu tidak terbatas. Selain itu disediakan pula empat large meetings dengan kapasitas 1.000 partisipan yang digunakan dengan skema resources sharing. Untuk mendapatkan skema ini, sivitas harus mengajukan via surat ke DSITD melalui helpcenter atau iLetter.

Baca juga:  Mahasiswa IPB University Ciptakan Software Fasilitasi Korban Kekerasan Seksual

Menurut Julio, database masih perlu disinkronkan sebelum aktivasi akun dapat dilakukan. Sivitas akademika tidak perlu repot mendaftarkan diri karena data dosen dan mahasiswa yang tercatat di sistem IPB University akan secara otomatis dikirimkan notifikasi. Langkahnya dimulai sesuai timeline, yakni mulai awal Agustus. Sivitas akademika akan mendapatkan aktivasi melalui email.

“Alamat email aktivasi merupakan alamat email @apps.ipb.ac.id dan kami sarankan untuk aktivasi melalui PC atau laptop,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (12/8/2021).

Baca juga:  Peneliti IPB University Kembangkan Wisata Budaya Kasepuhan Citorek

Ir Julio menambahkan, bahwa ada dua model aktivitas bagi akun zoom. Yakni masuk melalui akun google. Langkah ini lebih disarankan karena tidak perlu repot menghafal password email IPB University.

Kemudian aktivasi melalui sign in dengan password khusus untuk unit bukan perorangan. Sivitas disarankan memilih alamat email yang sama dengan ID IPB University yang digunakan.

Hal yang menjadi pokok perhatian, menurutnya, adalah bagi sivitas yang melanggan akun personal namun dibiayai oleh RKA IPB University, harus segera ditutup dan migrasi ke academic enterprise zoom service.

Dan credit zoom juga wajib ditransfer ke academic enterprise zoom service miliki IPB University. Mekanisme transfer kreditnya disarankan dengan skema refund to account yakni dikreditkan langsung ke billing milik IPB University karena lebih mudah.

“Karena mulai sekarang akun zoom akan melekat secara personal pada para dosen, maka diharapkan Anda harus akrab dengan fitur-fitur yang ada di video conference ini,” ungkapnya.

Dean Apriana Ramadhan, SKom, MKom, Asisten Direktur Sistem Informasi DSITD menyebutkan bahwa benefit akun zoom tersebut tidak hanya dimanfaatkan bagi perkuliahan namun dapat dimanfaatkan pula untuk belajar kelompok.

Manfaat lainnya adalah terdapat class meeting bagi perkuliahan umum dan dapat digunakan bergantian. Dosen juga dapat berkolaborasi antar mata kuliah dengan penggunaan alternate host. Untuk teknisnya akan diajarkan lebih lanjut.

Pemberian akun zoom premium tersebut tidak hanya ditujukan bagi dosen tetap PNS (Pegawai Negeri Sipil) namun juga dosen tetap non PNS yang masih aktif dan dosen yang telah pensiun namun memiliki NIDK (Nomor Induk Dosen Khusus). Penggunaan akun juga ditujukan bagi mahasiswa yang masih aktif dan statusnya dapat dilihat melalui SIMAK. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini