Share

Melalui IISMA, Mahasiswa Indonesia Jadi Duta Bangsa untuk Promosikan Indonesia

Neneng Zubaidah, Koran SI · Selasa 10 Agustus 2021 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 10 65 2453466 melalui-iisma-mahasiswa-indonesia-jadi-duta-bangsa-untuk-promosikan-indonesia-7BG7URuSdO.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Plt Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nizam menyampaikan selamat kepada 970 mahasiswa yang terpilih meraih beasiswa di program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021.

Nizam menyatakan, tentunya prestasi yang diraih ini harus diwujudkan dalam bentuk menggali pengalaman sebanyak-banyaknya di perguruan tinggi tujuan dan juga membangun persahabatan internasional.

Baca juga:  Kemendikbudristek : IISMA Dorong Mahasiswa Jadi Warga Global

Guru Besar UGM ini menuturkan, tidak hanya untuk membangun persahabatan dan menggali pengalaman di berbagai negara. Namun para mahasiswa bisa menjadi duta bangsa untuk memperkenalkan budaya nusantara.

"Anda sekalian menjadi wakil duta-duta Indonesia di perguruan tinggi yang adik-adik sekalian nanti akan belajar," katanya.

Baca juga:  Tim Mahasiswa Indonesia Rebut 15 Medali dari International Mathematic Competition

Oleh karena itu, terang Nizam, di kampus negara tujuan nanti para mahasiswa IISMA perlu untuk mengenalkan budaya Indonesia. Juga tentang keberagaman, keramahtamahan bangsa dan juga perlu dikenalkan akan kuliner khas nusantara.

Para mahasiswa juga diharapkan akan bisa mengenalkan tentang pariwisata Indonesia. Mengenai keindahan alamnya, hijaunya kepulauan Nusantara dan juga kehangatan persahabatan bangsa Indonesia.

"Anda juga mengenalkan tarian daerah, bahasa daerah, budaya daerah dan lainnya yang menjadi kebanggan kita semua," tuturnya.

Nizam menuturkan, ketika jauh dari tanah air para mahasiswa akan merasakan betapa indahnya bumi pertiwi tempatnya lahir. Juga akan merasakan betapa nikmatnya hidup di negara tropis sehingga akan merasa bersyukur lahir dan tinggal di Indonesia.

"Dan dengan itu, kebanggaan dan kecintaan tanah air akan semakin kuat. Sehingga setelah selesai belajar di luar negeri, bisa kembali dan berbagi pengalaman dan ilmu di tanah air," pungkasnya.

Sebelumnya, Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim melepas 970 mahasiswa terpilih program IISMA. Ratusan mahasiswa jenjang S1 itu akan menjalani program pertukaran mahasiswa di 59 perguruan tinggi di 28 negara. (din)

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini