Share

Ini 6 Keterampilan yang Diperlukan di Abad 21

Neneng Zubaidah, Koran SI · Sabtu 07 Agustus 2021 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 07 65 2452304 ini-6-keterampilan-yang-diperlukan-di-abad-21-5XZJuclP4E.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Abad ke 21 telah menimbulkan banyak perubahan besar dalam tatanan kehidupan bermasyarakat dan juga dunia pendidikan. Pada era ini manusia pun diharuskan untuk memiliki keterampilan yang disesuaikan dengan kebutuhan zaman.

Dikutip dari instagram resmi Ditjen Dikti Kemendikbudristek di @ditjen.dikti, Jumat (7/8/2021), Ditjen Dikti membeberkan 6 keterampilan yang paling dibutuhkan di abad 21.

Baca juga:  Guru Penggerak Akan Diprioritaskan di Posisi Strategis pada Lembaga Pendidikan

Simak apa saja enam keterampilan yang dibutuhkan agar bisa beradaptasi di zaman dimana pertumbuhan teknologi dan media informasi berubah kian cepat di bawah ini.

1. Komunikasi

Baca juga:  Kemendikbudristek Buka Pendaftaran Beasiswa Program Persiapan Studi Magister di Luar Negeri

Komunikasi yang baik dapat memudahkan kita dalam berinteraksi dengan orang lain. Komunikasi tersebut dapat diwujudkan melalui tulisan dan lisan

2. Berpikir Kritis

Kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan di abad ke 21. Hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan kita dalam menyelesaikan masalah, berpikir kreatif dan masih banyak lagi.


3. Kemampuan Menggunakan Teknologi Digital Abad ke 21

Pada masa pandemi, teknologi menjadi salah satu cara untuk mempermudah aktivitas kita. Oleh karena itu, seiring dengan berkembangnya teknologi kita dituntut untuk dapat menguasainya.

4. Keragaman dan Kerjasama

Kemampuan dalam berkolaborasi dan berempati terhadap lingkungan sekitar yang sangat beragam

5. Etika dan Tanggung Jawab Profesionalisme

Kemampuan dalam bertindak sesuai etika yang berlaku dan berperilaku profesional

 

6. Kefasihan dalam Mendapatkan dan Mencerna Informasi

Ini adalah kemampuan dalam mencari informasi dan memahami informasi tersebut secara efektif dan mengunakannya sesuai dengan keperluan.

Itulah enam keterampilan yang dibutuhkan di abad 21 agar generasi penerus bangsa dapat menjadi generasi unggul dan berdaya saing. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini