Share

Kemendikbudristek Akan Membentuk Karakter Siswa Melalui Profil Pelajar Pancasila

Antara, · Sabtu 07 Agustus 2021 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 07 624 2452327 kemendikbudristek-akan-membentuk-karakter-siswa-melalui-profil-pelajar-pancasila-Pa6RBKbsxk.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan membentuk dan mempersiapkan karakter siswa Sekolah Dasar (SD) di seluruh Indonesia melalui Profil Pelajar Pancasila.

“Ini penting sekali tentang Profil Pelajar Pancasila. Karena sudah menjadi bagian dari kebijakan Menteri Nadiem ya, di mana kita semua targetnya adalah terwujudnya target Profil Pelajar Pancasila,” kata Pelaksana Tugas Kepala Pusat Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Hendarman di Jakarta.

Baca juga: Ini 6 Keterampilan yang Diperlukan di Abad 21

Pihaknya ingin mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar pancasila.

Profil Pelajar Pancasila yang ia maksud memiliki enam indikator, yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri.

Baca juga: Guru Penggerak Akan Diprioritaskan di Posisi Strategis pada Lembaga Pendidikan

“Jadi sumber daya manusia yang unggul itu ada definisinya, yaitu pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berprilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila,” kata dia.

Hendarman menjelaskan melalui Profil Pelajar Pancasila anak-anak dapat memiliki sikap berkebinekaan global yang memiliki rasa saling menghargai, membentuk budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya leluhur bangsa.

“Elemen kunci berkebinekaan global itu mengenal dan menghargai budaya, komunikasi dan interaksi antarbudaya, refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan,” kata dia.

Ia berharap melalui Profil Pelajar Pancasila yang dapat membentuk sikap kebinekaan global, anak-anak bangsa dapat terus belajar sesuai dengan nilai yang ada dalam Pancasila dan mampu bersaing dengan dunia global.

Sementara itu, Direktur Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek Sri Wahyuningsih mengatakan Profil Pelajar Pancasila merupakan suatu semangat yang harus dibangun bersama, agar anak-anak di SD dapat disiapkan untuk menjadi pribadi yang kuat dan memiliki kemampuan literasi dasar.

“Enam literasi dasar yang harus dimiliki anak-anak kita dimulai dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar. Mengapa? karena anak-anak Sekolah Dasar merupakan fondasi sebelum anak-anak kita melakukan ke jenjang yang lebih tinggi,” ujarnya.

Ia mengatakan guru harus berupaya semaksimal mungkin meningkatkan kreativitas, agar anak-anak mendapatkan hak pembelajaran dan hak belajar, sedangkan orang tua harus menjadi model dalam menyiapkan karakter anak dimulai dari rumah.

“Tentunya harus ada komunikasi, kolaborasi yang baik antara sekolah dan rumah. Agar anak-anak kita tersiapkan karakternya. Mempersiapkan sebagai kepemilikan anak-anak kita terhadap Profil Pelajar Pancasila,” kata dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini