Lantik Pamong Praja IPDN, Wapres Ma'ruf: Jangan Berorientasi Kejar Jabatan Struktural!

Dita Angga R, Sindonews · Selasa 03 Agustus 2021 12:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 65 2450084 lantik-pamong-praja-ipdn-wapres-ma-ruf-jangan-berorientasi-kejar-jabatan-struktural-P3fCN06hXZ.jpg Wapres KH Maruf Amin (Foto : Dok Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin hari ini melantik 1.529 lulusan Lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Angkatan XXVIII Tahun 2021. Pada kesempatan itu Maruf mengingatkan agar para pamong praja tersebut tidak hanya mengejar jabatan struktural.

“Tunjukan moralitas dan jiwa yang berdedikasi tinggi serta jangan berorientasi untuk menduduki jabatan struktural,” katanya saat pelantikan secara luring dan daring di Istana Wakil Presiden, Selasa (3/8/2021).

Baca juga:  STAN dan IPDN Jadi Favorit CPNS Sekolah Kedinasan, Berikut Daftarnya

Ma'ruf mengatakan, bahwa pemerintah saat ini tengah melakukan penyederhanaan birokrasi. Dimana tiga level jabatan struktural dipangkas dan hanya menyisakan eselon I dan II saja. Dia menjelaskan pemerintah akan memfokuskan pada jabatan-jabatan fungsional.

“Karena pemerintah saat ini lebih mengembangkan jabatan fungsional yang mengutamakan keahlian seiring dengan prioritas penyederhanaan birokrasi,” ungkapnya.

Baca juga: Pendaftaran Dibuka! Pelamar Cuma Boleh Pilih Satu Sekolah Kedinasan, STAN atau IPDN?

Pada kesempatan itu dia mengingatkan agarapamong praja muda dapat mewujudkan integritas yang tinggi, mengedepankan kejujuran, moralitas dan etika birokrasi. Selain itu tidak terjebak pada kondisi rutinitas di tempat bekerja.

“Saudara-saudara dituntut untuk selalu berupaya mengembangkan ide dan gagasan baru untuk melakukan perubahan dan mewujudkan efektivitas serta efisiensi pelaksanaan tugas khsusunya kecepatan dan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Ma'ruf juga berpesan untuk terus meningkatkan kemampuan dan pengembangan kapasitas diri. Menurutnya para pamong praja jangan pernah berpuas diri karena tantangan dan tuntutan di era global saat ini berat.

“Apalagi di era upaya pemulihan ekonomi selama dan pasca pandemi covid-19. Untuk itu saudara-saudara harus memahami tugas pokok dan fungsi struktur organisasi, pola pikir dan budaya kerja di lingkungan tempat saudara ditugaskan,” tuturnya

Lebih lanjut pamong praja ini akan ditempatkan di instansi pemerintah di seluruh Indonesia. Maruf meminta agarCepat beradaptasi, mampu berinovasi dan berkreasi. Ini agar dapat memberikan kontribusi untuk kemajuan dan percepatan pelaksanaan tugas dengan mengedepankan produktivitas kerja.

“Pamong praja muda juga haruss mampu menjadi suri tauladan bagi masyarakat dan lingkungannya agar bangsa kita kedepan benar-benar mampu menjadi bangsa yang adaptif, inovatif kreatif produktif dan kompetitif,” pungkasnya. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini