Terima 9.120 Maba, Rektor UGM : Kembangkan Minat Bakat Potensi Lewat Kreasi

Priyo Setyawan, Koran SI · Senin 02 Agustus 2021 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 65 2449560 terima-9-120-maba-rektor-ugm-kembangkan-minat-bakat-potensi-lewat-kreasi-mJoKkNKSBB.jpg foto: dok Humas UGM

SLEMAN - Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun akademik 2021/2022 menerima 9.120 mahasiswa baru. Rinciannya 7798 mahasiswa baru program sarjana dan 1.412 mahasiswa program diploma IV/sarjana terapan. Dari jumlah tersebut 22,6% merupakan mahasiswa penerima bantuan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK).

Rektor UGM, Prof Panut Mulyono menerima langsung mahasiswa baru tersebut secara virtual di gedung pusat UGM, Senin (2/8/2021). Sedangkan para mahasiswa baru mengikuti secara daring di tempat masing-masing.

Baca juga:  Wisuda 711 Pascasarjana, Rektor UGM Harap Lulusan Berperan Atasi Pandemi Covid-19

Selanjutnya selama dua pekan, 2 hingga 14 Agutus 2021 para mahasiswa baru UGM itu, akan mengikuti Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) secara daring.

Dalam sambutannya, Prof Panut Mulyono mengatakan, sebagai bagian dari keluarga besar Universitas Gadjah Mada, para Gamada (Gadjah Mada Muda) sebutan mahasiswa baru UGM diharapkan mampu memegang dan melanjutkan estafet perjuangan dengan terus mengembangkan minat dan bakat serta meningkatkan potensi diri melalui berbagai kreasi.

“Peningkatan potensi diri Gamada dapat diraih melalui keaktifan di berbagai kegiatan akademik maupun non-akademik,” katanya.

Baca juga:  Rektor : UGM Komitmen Berkontribusi Nyata Dalam Penanganan Covid-19

Hal ini mendorong dan menantang sivitas UGM semua untuk menorehkan prestasi-prestasi baru yang membanggakan dan mengharumkan nama bangsa Indonesia, di tengah kondisi yang penuh tantangan sekalipun termasuk pandemi Covid-19.

Dalam proses melahirkan karya dan melaksanakan berbagai kegiatan kemanusiaan sivitas akademika UGM menjunjung tinggi prinsip inklusivitas dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat luas Kegiatan pengabdian untuk kemanusiaan juga dilakukan dalam penanganan Covid-19 dengan melibatkan berbagai pihak.

“Berbagai penelitian dilakukan dan membuahkan hasil nyata untuk penangana pandemi Covid-19,” paparnya.

Panut juga berharap para Gamada harus bersama-sama, mengusung segenap modal sosial yang tersebar di seluruh penjuru negeri untuk mencapai kesejahteraan sosial yang dicita-citakan. Apalagi setelah resmi menjadi bagian keluarga besar UGM, memiliki tanggung jawab besar untuk dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia.

“Mengabdilah dan terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dimanapun kalian berada dengan mematri nilai-nilai dan jati diri UGM,” pesannya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan UGM, Prof. Djagal Wiseso Marseno menambahkan, selain menerima mahasiswa baru dari berbagai daerah di tanah air, UGM tahun ini juga menerima mahasiswa asing dari berbagai negara, di antaranya Iran, Qatar dan Uni Emirat Arab.

“Mereka mengikuti program double degree atau program sarjana,” tambahnya. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini