Peringatan HAN 2021, Mendikbudristek Dorong Kemampuan Berpikir Kritis Anak dengan Membaca

Neneng Zubaidah, Koran SI · Jum'at 23 Juli 2021 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 65 2444985 peringatan-han-2021-mendikbudristek-dorong-kemampuan-berpikir-kritis-anak-dengan-membaca-3bWodishjW.png Mendikbudristek RI, Nadiem Makarim (foto: tangkapan layar)

JAKARTA - Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) jatuh pada hari ini, Jumat (23/7/2021). Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim pun mengingatkan akan kemampuan berpikir kritis yang perlu terus dimaksimalkan kepada anak.

Nadiem mengatakan, Kemendikbudristek melalui gerakan Merdeka Belajar semakin memprioritaskan kebutuhan anak di bidang pendidikan. Menurutnya, salah satu kebutuhan utama anak Indonesia ditengah perubahan global adalah kemampuan berpikir kritis.

"Anak-anak kita harus bisa memahami bukan hanya menghafal, harus bisa mempertanyakan, bukan hanya menerima, dan salah satu cara terbaik untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis adalah dengan membaca," katanya pada Peringatan HAN 2021 secara daring.

Baca juga:  Hari Anak Nasional, Pelajar Abad 21 Bisa Akses Informasi Berlimpah Dibanding Generasi Sebelumnya

Nadiem mendorong agar anak-anak Indonesia teruslah membaca. Bacalah buku yang disukai, kata mantan Petinggi Gojek ini, sebab membaca akan membantu meningkatkan kemampuan literasi dan kemampuan berpikir kritis.

"Karena membaca membantu menjaga semangat kita di tengah situasi yang penuh dengan tantangan," tutur alumnus Harvard Business School ini.

Baca juga:  Rayakan Hari Anak Nasional, Ini 4 Aktivitas Kreatif Bersama Si Buah Hati

Nadiem menuturkan, khususnya di masa pandemi seperti saat ini pemerintah dan masyarakat perlu bergotong royong agar anak-anak Indonesia terhindar dari resiko learning loss. Nadiem juga mendorong, meski di tengah pandemi namun anak-anak Indonesia harus terus belajar dan berkarya.

Nadiem juga berpesan, kepada para pelajar yang masih harus melakukan pembelajaran jarak jauh untuk tetap bersabar sampai situasi pandemi Covid-19 ini kembali membaik. Begitupun dengan siswa yang sudah melakukan pembelajaran tatap muka terbatas untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Mari jadikan peringatan Hari Anak Nasional 2021 sebagai momentum untuk memantik kembali semangat kita bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar," pungkas Menteri Nadiem. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini