Orang Tua Siswa Harus Terlibat dalam Pembelajaran Daring

Agregasi KR Jogja, · Selasa 13 Juli 2021 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 65 2440090 orang-tua-siswa-harus-terlibat-dalam-pembelajaran-daring-ewbGwpBUym.jpg Ibu dampingi anak sekolah online (foto: Parents)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 memengaruhi banyak sisi kehidupan manusia, termasuk dengan pola pendidikan anak serta pola asuh anak (parenting). Metode pengajaran dengan sistem daring dinilai cenderung membosankan bagi peserta didik.

“Metode pembelajaran daring menjadi tantangan bagi kita semua yang terlibat di pendidikan dan parenting,” ungkap Yohana Theresia, M.Psi, psikolog dari Yayasan Heart of People yang menjadi pembicara dalam webinar “Menstimulasi Motivasi Belajar Anak di Era New Normal”.

Baca juga:  Pandemi, Belajar Online Bisa Tetap Jadi Alternatif Pendidikan Masa Depan

Menurut Yohana, dalam sistem pembelajaran daring, ditemukan indikasi adanya penurunan motivasi belajar anak. Hal ini, jelasnya, disebababkan banyak faktor diantaranya keterbatasan penguasaan gawai oleh pengajar, materi pembelajaran yang kurang variatif dan menarik, kurangnya kontrol orang tua terhadap penggunaan gawai oleh anak, hingga intervensi yang salah dari orang tua.

“Jika motivasi belajar turun sangat berpengaruh ke banyak aspek lainnya, yakni level pemahaman, kreativitas, produktivitas dan tentunya hasil pencapaian pembelajaran itu sendiri,” ujar Yohana.

Baca juga:  Pemahaman Konsep Jadi Tantangan Terbesar Siswa Selama Pandemi Covid-19

Untuk membantu kembali meningkatkan motivasi belajar anak, orang tua bisa melakukannya dengan berbagai cara. Misalnya, ikut terlibat dalam proses belajar anak hingga memberikan penghargaan atau hadiah jika si anak mencapai sesuatu yang telah disepakati sebelumnya.

“Terkait pemberian penghargaan tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan bermanfaat dalam menunjang proses belajar anak. Salah satunya berupa alat belajar bagi anak,” jelasnya.

(rhs)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini