Mau Daftar Seleksi Mandiri Unnes? Ini Panduan Pendaftarannya

Neneng Zubaidah, Koran SI · Selasa 06 Juli 2021 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 65 2436314 mau-daftar-seleksi-mandiri-unnes-ini-panduan-pendaftarannya-7orVxxFV8W.jpg Kampus Unnes. (Foto: unnes.ac.id)

JAKARTA  - Universitas Negeri Semarang (Unnes) masih membuka penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri sampai 9 Juli mendatang. Pendaftaran ini terbuka untuk program sarjana (S1) dan juga diploma (D3) secara online.

Dilansir dari laman resmi Unnes di unnes.ac.id, Selasa (6/7), langkah pertama adalah buka laman penerimaan.unnes.ac.id/sm2021. Lalu klik Daftar Sekarang. Setelah itu isikan data-data yang dibutuhkan seperti Nama Lengkap, Email, Username (disarankan menggunakan NIK), Password. Kemudian Klik Register, Setelah berhasil register akan diarahkan ke menu login.

Setelah berhasil melakukan Pendaftaran Akun, sekarang waktunya untuk Login, Kemudian Isikan username dan password sesuai data yang telah diregistrasikan tadi, Setelah itu Klik Login.

Setelah berhasil Login, maka calon peserta akan diarahkan ke dashboard pendaftaran, silahkan klik tombol “Pendaftaran”. Selanjutnya isi data-data mulai dari Biodata, Pendidikan, Prestasi dan Unggahan.

Klik pada Biodata, mulai mengisikan Biodata mulai dari Nama, NIK, Nomor KK, Jenis Kelamin dan seterusnya. Perlu diingat, pastikan data-data diisi dengan sebenar-benarnya. Jika sudah selesai, Klik Simpan.

Baca juga: UNNES Terima 2.876 Calon Mahasiswa dari Jalur Mandiri

Selanjutnya isikan Riwayat Pendidikan, Klik Pendidikan. Klik Pendidikan Menengah, kemudian isikan NPSN Sekolah, Jurusan dan seterusnya. Perhatikan jika saat memasukkan NPSN data belum ditemukan, silahkan masukkan NPSN dan Nama Sekolah. Setelah selesai melakukan pengisian, Klik Submit.

Nah, jika mempunyai prestasi selama SMA, isikan Riwayat Prestasi tersebut, Klik Prestasi, Klik Tambah Prestasi, kemudian isikan Kategori Prestasi, Tingkat, Juara, Nama Kompetisi, Dokumen Foto Piagam dan seterusnya. Setelah selesai melakukan pengisian, Klik Submit.

Yang terakhir tapi tidak kalah penting, unggah/upload Pas Foto & Scan KTP, Klik Unggahan. Setelah selesai mengunggah Pas Foto & Scan KTP, Klik Simpan.

Jika sudah mengisi Biodata, Riwayat Pendidikan, Prestasi dan Unggahan. Selanjutnya pilih Gelombang Pendaftaran Seleksi Mandiri Reguler. Klik Lanjutkan, pendaftar diminta memilih maksimal 2 Program Studi, Jika sudah memilih Klik Simpan.

Baca juga: UNNES Beri Gelar Honoris Causa kepada Airlangga Hartarto

Perlu diperhatikan bahwa tidak bisa mengubah pilihan Program Studi setelah generate PIN Pembayaran. Jika sudah yakin dengan pilihan Program Studi, Selanjutnya Klik Buat PIN Pembayaran.

Setelah mendapatkan PIN Pembayaran, bisa dibayarkan melalui Bank BNI atau Bank BRI. Selain Virtual Account BNI, pembayaran bisa dilakukan melalui Teller BRI. Serahkan Slip Pembayaran Ujian Seleksi Mandiri, Pastikan data calon peserta seleksi mandiri dan nominal pembayaran sesuai, sebelum transaksi kepada petugas teller BRI dilakukan.

Simpan baik-baik bukti pembayaran yang diterima dari petugas Teller BRI sebagai bukti pembayaran yang sah. Selanjutnya unggah SKL/ Ijazah/ Surat Keterangan Kelas XII. Jika sudah silahkan Klik Simpan, Selanjutnya isi Nilai Rapor.

Perlu diperhatikan bahwa Isian mata pelajaran sesuai dengan data “Kode Jurusan” pada formulir Riwayat Pendidikan. Silakan masukkan data nilai rapor sesuai dengan pilihan mapel yang disediakan. Wajib menyertakan scan lembar nilai rapor sesuai dengan ketentuan. Jika sudah selesai, Selanjutnya Klik Simpan.

Ketentuan Scan Lembar Nilai Rapor

– Tulisan jelas, tidak terpotong dan dapat terbaca.

– Posisi rotation tegak (portrait).

– File scan lembar nilai berformat PDF.

– Satu file berisi nilai satu semester, dapat lebih dari satu lembar scan dalam satu file.

– Setiap unggahan berukuran maksimal 700Kb.

– Pendaftar menyetujui bahwa file scan nilai rapor yang diunggah merupakan dokumen yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

– Selanjutnya isi Form Biaya Kuliah

– Perlu diperhatikan pastikan bahwa data-data tersebut diisi dengan kondisi yang sebenar-benarnya

– Jika sudah selesai, Selanjutnya Klik Simpan

– Selanjutnya isi Form Form Finalisasi

– Di dalam Form Finalisasi, Anda harus mengupload/ mengunggah Surat Pernyataan yang sudah ditandatangani diatas materai Rp.10.000

– Untuk mengunduh Template Surat Pernyataan silahkan Klik Template Surat Pernyataan

– Jika sudah selesai, Selanjutnya Klik Simpan

– Selanjutnya lakukan finalisasi pendaftaran

– Pastikan semua form sudah diisi dan semua data sudah benar karena data yang sudah difinalisasi tidak dapat diubah

– Selanjutnya Anda akan mendapatkan Kartu Peserta

– Simpan Kartu Peserta tersebut baik-baik

– Terakhir ikuti Ujian Seleksi Mandiri sesuai dengan jadwal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini