Mahasiswa Unnes Ungkap Potensi Cangkang Telur untuk Kosmetik Cegah Penuaan Dini

Neneng Zubaidah, Koran SI · Sabtu 21 Agustus 2021 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 21 65 2458966 mahasiswa-unnes-ungkap-potensi-cangkang-telur-untuk-kosmetik-cegah-penuaan-dini-0iLb9KjR72.jpg Mahasiswa Unnes pencipta cangkang telur jadi kosmetik (foto: Dok Unnes)

JAKARTA - Cangkang telur limbah yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari, dan sering dianggap tidak memiliki nilai, ternyata ditangan sekelompok mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Semarang (UNNES) bisa merubahnya menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai.

Mereka adalah Zakiya Ayu Nisa (Pendidikan Tata Kecantikan 2020), Elsa Nurul Safitri (Pendidikan Tata Kecantikan 2020), Ikfina Kamelia Rizqi (Teknik Kimia 2019), Dafina Eka Claradia (Teknik Kimia 2019), Maya Indah Sulistyowati (Ekonomi Pembangunan 2020) yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan Kemenristekdikbud dibawah bimbingan dr Eny Widhia Agustin yang berhasil lolos Dana Hibah PKM 2021.

Baca juga:  Mahasiswa UNNES Gagas Pelepah Pisang sebagai Bahan Pembuat Genteng

Mereka merubah cangkang telur yang merupakan limbah organik menjadi produk kosmetik face spray yang diklaim dapat mencegah penuaan dini serta menjaga kelembaban dan elastisitas kulit.

Menurut Ketua TIM PKM K Zakiya, sampai saat ini cangkang telur ayam terutama membran cangkang telur ayam belum dimanfaatkan secara maksimal terutama pada bidang kosmetik. Padahal membran cangkang telur ayam mengandung collagen yang dapat menjaga kelembapan dan elastisitas kulit yang bisa mencegah penuaan dini.

 Baca juga: Diterima di Seleksi Mandiri UNNES? Ini Tahapan Registrasinya

“Sebab itulah, kami terinspirasi untuk membuat inovasi produk kosmetik collagen face spray, produk pelembab wajah yang mengandung collagen untuk mencegah penuaan dini.” tambah Zakiya dilansir dari lamam resmi UNNES di unnes.ac.id, Sabtu (21/8/2021).

Sementara, dr Eni selaku pembina mengatakan pada dasarnya kulit memang membutuhkan hidrasi dan juga asupan nutrisi yang tepat. Produk collagen face spray ini, merupakan produk yang berbentuk produk spray yang bisa menjadi solusi masalah hidrasi kulit dan penutrisian terutama kulit wajah.

Tentu dr Eni dan juga tim PKM K yang dibinanya berharap produk ini bisa diterima dan menjangkau masyarakat luas. Produk collagen face spray, juga diharapkan bisa menjadi inovasi produk kosmetik yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan di Indonesia. Sampai saat ini produk collagen face spray bisa dijumpai pada laman instagram @bauten.id.

Melihat lokasi indonesia yang termasuk daerah tropis yang menyebabkan sebagian wanita memiliki kulit kering, Kami tentu berharap Tim PKM K kami bisa lolos dan sukses sampai Pekan Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2021," pungkasnya. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini