Selamat Hari Pramuka, Ternyata Begini Sejarahnya

Delia Citra, Okezone · Rabu 14 Agustus 2019 12:41 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 14 65 2091726 selamat-hari-pramuka-ternyata-begini-sejarahnya-HcTLaP1axF.jpg Foto: Gerakan Pramuka

JAKARTA - Setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka. Pada tahun ini, diperingati Hari Pramuka ke-58.

Lalu bagaimana sejarah Pramuka di Indonesia? Berikut penjelasannya seperti dikutip Okezone dari berbagai sumber, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya. Pramuka didirikan pada 14 Agustus 1961.

 Baca Juga: Makna Seragam Pramuka, dari Warna Tanah hingga Seragam Pejuang

Gerakan Pramuka dipimpin oleh Ketua Kwartir Nasional, yang saat ini dijabat Budi Waseso. Lambang Gerakan Pramuka adalah tunas kelapa.

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia.

 Baca Juga: Hari Pramuka 14 Agustus, Seskab: Pramuka Membentuk Jati Diri dan Karakter

Kata Pramuka awalnya di ambil dari kata Poromuko oleh Sultan Hamengkubuwono IX yang berarti pasukan terdepan dalam perang.

Gerakan Pramuka secara resmi diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961 bukan saja di Ibu kota Jakarta, tetapi juga di tempat yang penting di Indonesia.

Di Jakarta sekitar 10.000 anggota Gerakan Pramuka mengadakan Apel Besar yang diikuti dengan pawai pembangunan dan defile di depan Presiden dan berkeliling Jakarta.

Jadi tepat hari ini, tanggal 14 Agustus 2019 merupakan hari dimana peristiwa perkenalan tanggal 14 Agustus 1961 ini dilakukan yang kemudian disebut sebagai Hari Pramuka yang setiap tahun diperingati oleh seluruh jajaran dan anggota Gerakan Pramuka.

Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun).

Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini