Share

10 Pekerjaan Ini Cocok untuk Lulusan Ilmu Komunikasi

Agregasi Sabtu 31 Maret 2018 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 28 65 1879336 10-pekerjaan-ini-cocok-untuk-lulusan-ilmu-komunikasi-bvyWAHxP8k.jpg Foto: Istimewa

Kamu mahasiswa ilmu komunikasi yang bingung mau kerja apa? Atau baru mau daftar jadi mahasiswa komunikasi tapi bingung akan jadi apa? Jurusan ilmu komunikasi punya peluang kerja yang sangat luas, lho. Berikut beberapa pekerjaan untuk lulusan ilmu komunikasi yang bisa kamu jadikan pilihan berkarier.

Jurnalis

Banyak lulusan bergelar S.I.Kom yang tertarik untuk terjun ke dunia jurnalistik. Kamu salah satunya? Jangan ragu untuk mencoba profesi ini, Sobat. Bekal pengetahuan mengenai teknik cara menulis berita atau artikel di media massa membuat kamu lebih siap untuk bekerja baik sebagai wartawan, redaktur, maupun reporter.

Periklanan

Bekerja di bidang periklanan akan sangat cocok untuk kamu yang punya banyak ide-ide kreatif. Ide dan kemampuan komunikasi kamu akan sangat bermanfaat untuk merancang konsep iklan yang unik dan menarik. Di dunia periklanan sendiri ada banyak profesi yang bisa ditekuni dengan gelar sarjana komunikasimu. Beberapa diantarnya adalah project leader advertising, copywriter, media planner, dan masih banyak lagi.

Public Relation

Punya kemampuan berpikir kreatif, pandai mencari solusi, dan caramu menyampaikan sesuatu cukup persuasif? Menjadi staf public relation bisa kamu coba, nih. Semua keahlian kamu tadi akan sangat dibutuhkan untuk menjalankan tugas seorang public relation, yaitu membangun reputasi baik perusahaan di tengah masyarakat.

Event Organizer

Keahlian berhubungan dengan banyak orang yang kamu miliki akan sangat dibutuhkan dalam profesi satu ini. Sebagai bagian dari Event Organizer atau EO, kamu harus berhubungan dengan berbagai macam orang mulai dari rekan kerja, klien, vendor, bahkan orang yang hadir dalam acara tersebut. Kamu pun bisa mengerjakan berbagai jenis acara seperti pesta pernikahan, ulang tahun, dan konser musik.

Presenter

Sampai sekarang profesi ini masih banyak diminati oleh para pencari kerja terutama lulusan ilmu komunikasi. Dengan ilmu broadcasting yang didapatkan semasa kuliah, kamu sudah setahap lebih unggul nih untuk jadi presenter. Di profesi ini kamu bertugas menyampaikan informasi kepada publik secara netral. Selain dari studi broadcasting, kamu yang menekuni studi jurnalistik juga sangat cocok untuk menjalani profesi ini.

Penyiar Radio

Nah, kalau profesi yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang suka berbicara tapi suka bekerja di balik layar. Tugas seorang penyiar radio sama dengan para presenter, yaitu menyampaikan berita secara netral dan menarik. Bedanya, sebagai penyiar radio kamu harus lebih pandai berbicara agar para pendengar bisa menangkap informasi hanya dari suara dan nada bicaramu saja.

Market Research Analyst

Sebagai seorang market research analyst, kamu akan bertugas untuk merancang sarana seperti kuisioner, polling dan survey untuk mengukur efektivitas produk perusahaan di pasaran. Untuk bisa melakukan analisa secara mendalam, market research analyst harus memiliki keahlian komunikasi dan analisis data yang baik. Sangat sesuai untuk kamu yang memang dilatih untuk memiliki kemampuan berkomunikasi lebih.

Photographer & Cameraman

Pernah dapat mata kuliah mengenai teknik fotografi atau terlibat dalam news production? Menjadi seorang photographer atau cameraman di stasiun televisi bisa jadi pilihan profesi yang tepat. Manfaatkan keahlian mengambil gambar yang unik dan menarik dan jadi photographer handal.

Marketing Communication (marcom)

Marketing communication akan jadi pekerjaan yang cocok untuk lulusan ilmu komunikasi yang mengambil fokus studi bisnis. Sebagai bagian dari marketing communication, kamu akan dituntut untuk merancang strategi pemasaran yang efektif dan menarik bagi perusahaan. Sangat sesuai dengan apa yang telah kamu pelajari, kan?

Pengusaha

Ingin buka usaha sendiri? Jangan ragu untuk mencobanya. Sudah banyak lulusan ilmu komunikasi yang menjadi seorang pengusaha, lho. Ilmu komunikasi yang telah kamu pelajari, bisa kamu praktikkan dalam berbisnis secara mandiri. Bekal pengetahuanmu akan sangat berguna untuk menjalin relasi bisnis dan membangun networking yang luas.

Dari pilihan pekerjaan untuk lulusan ilmu komunikasi di atas, yang mana pekerjaan impianmu? Apapun pekerjaan yang kamu pilih setelah mendapatkan gelar S.I.Kom, kamu harus mulai mempersiapkan diri dari sekarang. Yuk, siapkan dirimu untuk jadi lulusan ilmu komunikasi yang sukses!

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini