Share

PM Susbandono: Ketersediaan SDM di Era Digital Masih Jauh dari Harapan

Elva Mustika Rini, Okezone · Kamis 16 November 2017 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 16 65 1815169 pm-susbandono-ketersediaan-sdm-di-era-digital-masih-jauh-dari-harapan-JXUlg0Osu8.jpg

JAKARTA - Transformasi era digital memang membawa perubahan di segala bidang, namun seringkali tidak sejalan dengan kemampuan masyarakat untuk bertahan. Dengan roda pergantian yang begitu cepat, banyak industri memutuskan untuk tutup dan tentunya menyebabkan jumlah pengangguran bertambah.

Menurut Pengamat Manajemen SDM PM Susbandono, masalah ini disebabkan oleh ketersediaan SDM di era digital yang masih jauh dari harapan, “Indonesia mempunyai 40% sumber daya biotermal karena banyaknya gunung berapi. Tetapi, baru 5% dari 40% yang bisa dikelola Indonesia,” paparnya dalam diskusi Okezone Goes to Campus di Universitas Trisakti, Jakarta Barat, Kamis (16/11/2017).

Untuk mendapatkan SDM yang mampu menangani masalah energi, PM Susbandono mengungkapkan berdasarkan pengalamannya sekira tujuh tahun lalu, ia harus melakukan pencarian ke sejumlah negara seperti Timur Tengah, Amerika Latin, dan sebagainya. Hal ini menggambarkan bahwa SDM merupakan masalah sejak dulu, tetapi masih belum bisa dituntaskan.

Lantas, bagaimana cara mahasiswa menghadapi perubahan peradaban? Wasekjen Mastel, Wijaya Kusuma menyatakan bahwa kuncinya adalah inovasi, “Semua orang bisa menjadi kaya (di era New Media) dalam waktu singkat. Mengikuti era digital, mahasiswa bisa menjadi programmer, bahkan bisa membuat website. Hit-nya bisa dijual. Setiap 1.000 hit, bisa menghasilkan USD2 dalam sehari. Kesempatan terbuka lebar bagi mahasiswa yang mau berinovasi,” tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini