Hadiri Wisuda PKN STAN, Sri Mulyani: Jangan Pernah Berhenti Belajar dan Jujur!

Hambali, Okezone · Selasa 03 Oktober 2017 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 03 65 1787936 hadiri-wisuda-pkn-stan-sri-mulyani-jangan-pernah-berhenti-belajar-dan-jujur-J8T9e9HbjU.jpg Sri Mulyani di STAN. Foto: Hambali/Okezone

TANGERANG SELATAN - Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN menyelenggarakan wisuda kepada 4.502 mahasiswanya di Gedung Student Center PKN STAN, Jalan Utama Bintaro Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan (Tangsel).

Prosesi wisuda akan berlangsung selama dua hari, yakni Selasa hingga Rabu, 4 September 2017. "Prosesi hari pertama ini ada sebanyak 2.318 mahasiswa yang kami wisuda, dan hari kedua ada sekitar 2.184 mahasiswa," kata Direktur Politeknik Keuangan Negara STAN, Rahmadi Murwanto, Selasa (3/10/2017).

Ia memaparkan, di antara ribuan mahasiswa yang diwisuda tersebut, ada sejumlah mahasiswa berhasil menyabet gelar lulusan terbaik dengan nilai Indeks Prestasi (IP) hampir 4,00.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati turut menghadiri acara wisuda tersebut sempat memuji para wisudawan dan wisudawati dari Diploma (D1), D3, dan jenjang D4 yang lulus dengan nilai Indeks Prestasi sangat baik, yakni nyaris mencapai angka 4,00.

"Indeks Prestasi disini jika saya cek ternyata luar biasa, hampir semua lulusan D1 Indeks Prestasinya hampir mendekati 4, saya minta mereka langsung dimasukkan kedalam S-3. Saya ucapkan selamat kepada lulusan terbaik, dan juga saya ucapkan selamat kepada seluruh wisudawan," kata Sri Mulyani disambut tepuk tangan para wisudawan.

Selain memuji wisudawan, ia juga menyampaikan empat nasihat yang diberikannya pada para wisudawan tersebut.

"Saya menitip 4 nasehat kepada kalian. Pertama, jangan pernah berhenti untuk belajar. Kedua, jujur, kemudian ketiga lakukan apapun pekerjaan dalam hidup kalian dengan passion. Lantas yang terakhir, bergaul lah juga dengan mereka yang berbeda dari kalian," pesan mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Para wisudawan oliteknik Keuangan Negara (PKN) STAN tersebut berasal dari berbagai jurusan dan program studi. Mulai dari Diploma 1 (D1) Program Studi Pajak sebanyak 1.940 orang, D1 Kebendaharaan Negara sebanyak 49 mahasiswa, D1 Kepabeanan dan Cukai 997 mahasiswa, D3 Penilai PBB 37 mahasiswa, D3 Pajak 337 mahasiswa, D3 Manajemen Aset 36 mahasiswa.

Kemudian, D3 Kebendaharaan Negara sebanyak 227 mahasiswa, D3 Kepabean dan Cukai 154 mahasiswa, D3 Akuntansi Alih Program 252 mahasiswa, D3 Akuntansi 1.463 mahasiswa, dan D4 Akuntansi sebanyak 150 wisudawan.

PKN STAN sebelumnya dikenal dengan nama Sekolah Tinggi Akuntasi Negara (STAN). Sekolah Kedinasan itu menghasilkan lulusan dalam bidang pengelolaan keuangan negara.

Para lulusan PKN STAN tak hanya akan menempati posisi di Kementerian Keuangan, tapi juga pada 10 Kementerian lainnya, yaitu Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Selanjutnya, Kementerian Pertahanan, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Badan Narkotika Nasional, dan Badan Ekonomi Kreatif.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini