Kompetisi di Kancah Internasional, Standar SDM Perlu Ditingkatkan

Afriani Susanti , Okezone · Selasa 04 Oktober 2016 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 04 65 1505607 kompetisi-di-kancah-internasional-standar-sdm-perlu-ditingkatkan-ulAP4YGF01.jpg M. Nasir (Foto: Afriani Susanti/Okezone)

JAKARTA - Guna berkompetisi di kancah internasional, Sumber Daya Manusia (SDM) pun perlu memiliki standar yang memadai. Tujuannya agar kemampuan yang dimiliki oleh SDM Indonesia bisa diterima di kancah internasional.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir menuturkan, bahwa untuk bisa berkompetisi maka perlu dimulai dari SDM-nya.

"Kalau kita mau berkompetisi maka kita harus tahu apa saja yang perlu dilakukan untuk berkompetisi. Nah karena itu kita perlu SDM yang baik," ungkapnya di Gedung BPPT, Jakarta, Selasa (4/10/2016).

Suatu standar perlu diberlakukan untuk menetapkan standar pada SDM yang ada. "Seperti pada standar nasional perguruan tinggi yang sudah ditetapkan juga. Jadi jangan sampai ada mahasiswa yang bisa meraih gelar sarjana dengan kuliah dua tahun saja. Atau mereka yang ingin dapat ijazah cukup kirimkan nama lengkapnya saja. Jangan sampai terjadi," ujarnya.

Nasir menambahkan kembali agar tak ada lembaga yang menjadi 'tukang stempel' yang bisa memberikan standar pada suatu hal. "Standar yang diberikan harus bisa sesuai dengan user dan yang memproduksinya supaya seimbang," imbuhnya.

Sementara itu Ketua Badan Standarisasi Nasional (BSN), Bambang Prasetya menambahkan bahwa standar yang ada pada SDM bukan hanya berlaku untuk di dalam negeri tapi juga di luar.

"Jangan lagi ada sertifikat abal-abal," tambahnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini