Share

Kenalan dengan Cara Ujian SBMPTN CBT

Afriani Susanti , Okezone · Sabtu 28 Mei 2016 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 26 65 1398469 kenalan-dengan-cara-ujian-sbmptn-cbt-vU9svYkGaF.jpg Ilustrasi : (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Untuk pertama kalinya Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 digelar dengan dua sistem. Pertama dengan menggunakan paper based test (PBT) seperti umumnya, kemudian kedua dengan menggunakan Computer Based Test (CBT).

Pelaksanaan SBMPTN CBT tahun ini digelar terbatas dengan kuota 2.500 peserta saja. Ada 30 PTN yang bersiap untuk menyelenggarakan ujian berbasis komputer tersebut. Nah, untuk kamu yang mendaftar pada SBMPTN CBT, Okezone akan menjabarkan cara ujian dengan benar menggunakan sistem tersebut.

Pada saat akan memulai ujian, peserta ujian SBMPTN CBT wajib mengecek identitas mereka di layar monitor. Pastikan identitas tersebut sesuai dengan informasi yang ada pada dokumen identitasmu,yaitu kartu peserta SBMPTN 2016. Setelah itu, masukkan username dan password yang telah disediakan.

Setelah log in ke sistem SBMPTN CBT, kamu bisa mulai mengerjakan soal-soal ujian. Untuk menjawab pertanyaan, cukup klik opsi jawaban menggunakan mouse. Kamu juga bisa mengubah jawaban dengan pilihan yang dianggap benar.

Kamu bisa melihat soal mana saja yang sudah dijawab. Soal-soal ujian yang belum terisi akan ditandai dengan bulatan merah, sedangkan yang sudah dikerjakan akan ditandai dengan bulatan hijau. Asyiknya lagi, sistem ujian SBMPTN CBT memungkinkanmu kembali ke untuk menjawab soal-soal yang belum terisi tadi.

Ingat, ya, selama mengerjakan soal SBMPTN CBT ini, peserta dilarang untuk berdiskusi maupun menanyakan jawaban pada peserta lainnya. Apalagi saling bekerjasama dan memberikan bantuan atau menerima bantuan dengan menjawab soal. Aplikasi ujian SBMPTN CBT ini secara otomatis akan berhenti dengan sendirinya jika waktu sudah berakhir dan peserta secara otomatis dianggap telah log out. (afr)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini