Share

Siswa Minta Kuota SBMPTN CBT Diperbanyak

Afriani Susanti , Okezone · Kamis 28 April 2016 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 28 65 1375221 siswa-minta-kuota-sbmptn-cbt-diperbanyak-iRBj519ZGR.jpg Ilustrasi Foto: dok. Okezone.

JAKARTA - Untuk pertama kalinya, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) diselenggarakan dengan dua metode ujian. Pertama, SBMPTN Paper Based Test (PBT) dan kedua, SBMPTN Computer Based Test (CBT).

SBMPTN CBT dilaksanakan dengan kuota terbatas. Hanya 2.500 peserta dapat mengikuti ujian berbasis komputer ini di 30 perguruan tinggi negeri (PTN) yang ditunjuk.

Terbatasnya kuota SBMPTN CBT ini membuat banyak siswa calon peserta SBMPTN 2016 gigit jari. Siswa SMAN 101 Jakarta, Faiz Adjita berharap, di masa mendatang, kuota peserta SBMPTN CBT bisa diperbanyak.

"Kan sekarang masih 2.500 peserta, ya semoga di tahun-tahun berikutnya yang bisa ikut bisa diperbanyak," ungkapnya saat dihubungi Okezone, Kamis (28/4/2016).

Hal serupa juga diutarakan oleh siswa SMAN 7 Purworejo, Hafidz Setiyadi yang berharap jumlah peserta pada SBMPTN CBT bisa ditingkatkan. Menurut Haifdz, peningkatan kuota peserta SBMPTN CBT bukan berarti mewajibkan semua siswa menggunakan sistem anyar ini.

"Sebab, belum tentu semua siswa di Indonesia ini terbiasa menggunakan komputer. Kasihan jika teman-teman belum terbiasa," tambah siswa kelahiran 17 September 1998 itu.

Ujian SBMPTN CBT sendiri akan digelar serentak dengan ujian berbasis kertas, yakni pada 31 Mei. Metode berbasis komputer tersebut hanya bisa dipakai oleh peserta kelompok ujian Saintek dan Soshum.

Ikuti try out online SBMPTN 2016 Okezone di laman: tryout.okezone.com pada 25 April-10 Mei. Ada hadiah menarik bagi peserta dengan nilai tertinggi, lho!

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini