Share

Kampus Negeri Bersiap Gelar SBMPTN CBT

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Sabtu 21 Mei 2016 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 20 65 1393831 kampus-negeri-bersiap-gelar-sbmptn-cbt-7F4vk9beBL.jpg Siswa belajar menjelang ujian SBMPTN. (Foto: dok. Okezone)

JAKARTA - Usai penutupan pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016, pengelola kampus pun makin mempersiapkan diri menghadapi hajat tahunan tersebut. Apalagi, tahun ini mulai dipakai juga sistem SBMPTN computer based test (CBT).

Salah satu kampus negeri yang akan menjadi penyelenggara SBMPTN CBT adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS, Prof Dr Ir Heru Setyawan M Eng, memastikan, pihaknya telah menyiapkan segala fasilitas ujian dengan cermat seperti server, spesifikasi komputer, kapasitas RAM dan segala pendukung SBMPTN CBT.

"Universitas yang menggelar CBT juga divisitasi oleh pihak pemerintah untuk disesuaikan dengan standar," kata Heru, seperti dinukil dari laman ITS, Sabtu (21/5/2016).

Heru menegaskan, persiapan matang sangat diperlukan untuk menjaga psikologis peserta. Itu sebabnya, pihaknya juga menyiapkan langkah antisipasi gangguan pada SBMPTN CBT.

"Jika server down, mental peserta juga akan down. Ini yang sangat diantisipasi," tukasnya.

Tahun ini, baru 30 PTN di seluruh Indonesia menggelar SBMPTN CBT. Kesiapan instansi menjadi pertimbangan utama panitia SBMPTN 2016 menunjuk puluhan kampus negeri tersebut sebagai pilot project penyelenggara ujian berbasis komputer itu.

Di Surabaya sendiri ada dua PTN lain yang turut menggelar SBMPTN CBT yaitu Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Heru menyebut, ITS dan Unesa menyiapkan masing-masing 60 komputer untuk dipakai saat ujian, sedangkan Unair menyiapkan 170 komputer.

Terbatasnya unit komputer tersebut membuat peserta SBMPTN CBT pun dibatasi. Selain itu, hanya peserta dari kelompok ujian Saintek dan Soshum saja yang dapat memakai sistem SBMPTN CBT.

Ujian tulis SBMPTN 2016 akan dihelat serentak pada Selasa, 31 Mei. Di hari yang sama, siswa kelas XII yang lulus SNMPTN 2016 akan menjalani proses registrasi di kampus penerima mereka.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini