Share

SBMPTN CBT Lebih Simpel saat Ujian

Afriani Susanti , Okezone · Rabu 04 Mei 2016 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 03 65 1379186 sbmptn-cbt-lebih-simpel-saat-ujian-mdsZxt31Au.jpg Ilustrasi Foto: dok. Okezone.

JAKARTA - Dua tahun terakhir, pemerintah menerapkan sistem Ujian Nasional (UN) Computer Based Test (CBT). Penggunaan komputer dalam pelaksanaan ujian juga akan diselenggarakan pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Tahun ini, SBMPTN akan dilaksanakan dengan dua jenis ujian, yaitu CBT dan Paper Based Test (PBT). Dengan dua pilihan tersebut, siswa pun antusias untuk memilih SBMPTN CBT. Salah satu alasannya karena dengan menggunakan CBT, ujian menjadi lebih praktis.

"Pakai CBT itu lebih praktis, jadi engga usah bawa perlengkapan tulis seperti saat ujian PBT," ungkap siswa SMAN 101 Jakarta Barat, Faiz Adjita saat dihubungi Okezone, belum lama ini.

Ujian dengan PBT memang mengharuskan siswa untuk membawa alat tulis seperti pensil, penghapus, sampai papan alas ujian. "Nah, kalau SBMPTN CBT itu simpel karena enggak bawa alat-alat tulis," tukasnya.

Alasan praktis juga diungkapkan oleh siswa SMAN 7 Purworejo, Hafidz Setiyadi. Penggunaan CBT saat UN membuatnya lebih praktis dalam mengerjakan ujian.

"Saya pilih CBT juga karena lebih praktis pas ujian," ucap penyuka musik tersebut.

Saat ini Hafidz sedang menunggu pengumuman hasil pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Namun, Hafidz juga bersiap menjalani ujian tulis pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Menurutnya, soal tersulit yang perlu dia taklukan adalah Bahasa Inggris.

"Makanya sekarang lagi fokus di bimbelnya belajar bahasa Inggris dan bahasa Indonesia," tambahnya.

Ikuti try out online SBMPTN 2016 Okezone di laman: tryout.okezone.com pada 25 April-10 Mei. Ada hadiah menarik bagi peserta dengan nilai tertinggi, lho!

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini