Share

Tak Puas dengan UKG Cermin Ekspektasi Guru

Afriani Susanti , Okezone · Selasa 10 November 2015 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 10 65 1246780 tak-puas-dengan-ukg-cermin-ekspektasi-guru-nf1GthrUnj.jpg Mendikbud Anies Baswedan dan Dirjen GTK Sumarna Surapranata meninjau pelaksanaan UKG di SMPN 19 Jakarta. (Foto: Afriani S/Okezone)

JAKARTA - Keraguan akan hasil uji kompetensi guru (UKG) menyelimuti benak para guru di DKI Jakarta. Kebanyakan dari mereka mengaku tidak puas dengan raihan nilai ujian tersebut.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menilai, ketidakpuasan yang diekspresikan para guru merupakan bentuk ekspektasi mereka. Artinya, ada harapan untuk menjadi lebih baik.

"Menurut saya, pernyataan tidak puas itu mencerminkan ekspektasi. Jadi ketika mengatakan puas atau tidak puas, artinya angka berapa pun ingin ditingkatkan. Itulah yang ingin kita bangun," ujar Anies ketika memantau pelaksanaan UKG di SMPN 19 Jakarta, Selasa (10/11/2015).

Selain memantau, Anies juga sempat berbincang-bincang dengan peserta UKG di sekolah tersebut. Menurut Anies, pelaksanaan UKG di SMPN 19 berjalan baik.

"Hasil UKG bisa merefleksikan kemampuan para guru serta menjadi dasar untuk mengembangkan kualitas mereka," imbuhnya.

UKG sendiri akan dilaksanakan dengan dua sistem, yaitu offline dan online. Anies berharap, para guru yang nantinya akan menjalani UKG secara offline juga bisa menyelesaikannya dengan baik.

"UKG offline mengharuskan guru mengerjakan paper dan tugas lain. Memang tidak sesimpel UKG online, tetapi dengan persiapan, saya optimistis mereka bisa mengerjakan ujian dengan baik," tambahnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini