Share

Mempersiapkan UKG dengan Mentor Sebaya

Iradhatie Wurinanda, · Rabu 04 November 2015 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 04 65 1243625 mempersiapkan-ukg-dengan-mentor-sebaya-f8Z4Ks4518.jpg Guru sedang menjalani UKG (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 9–27 November 2015 akan mengadakan uji kompetensi guru (UKG) yang dilaksanakan melalui sistem online dan offline. Terkait hal itu, beberapa guru sudah melakukan persiapan untuk menghadapinya.

Seorang guru olahraga bernama Tatang menceritakan bahwa rata-rata guru kurang siap dengan ujian online. Mereka sering mengalami kendala dalam mengoperasikan komputer. Apalagi, tulisan di layar komputer tidak terlalu besar.

"Jangankan untuk UKG, misalnya input nilai pakai excel saja masih ada yang kesusahan. Kadang saya termasuk orang yang suka ngajarin teman-teman," ujarnya kepada Okezone, belum lama ini.

Tatang mengungkapkan, sebenarnya tidak ada ketakutan dalam menghadapi UKG. Di tahun sebelumnya, kata dia, dirinya memperoleh nilai yang cukup bagus, yaitu di atas tujuh. Padahal saat itu rata-rata nilai hasil UKG hanya 4,7.

"Saya termasuk pegang bagian TI sekolah. Buat aplikasi yang membantu mempermudah guru dalam input nilai di rapor. Ya meluangkan waktu untuk menjadi mentor sebaya dengan guru lainnya," imbuh Tatang.

Menjelang pelaksanaan UKG, dirinya belum mempersiapkan apa-apa. Tatang berharap pelaksanaan UKG tahun ini berjalan dengan lancar tanpa ada kendala, terutama dalam teknis.

"Semoga sistemnya tidak eror. Kemudian operator atau pengawas setiap ruangan bisa membantu untuk memandu guru-guru yang mengalami kesulitan mengerjakan UKG secara online," tukasnya. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini