Share

Viral di Tiktok, Aksi Bersih-Bersih Sampah oleh Mahasiswa UNS Tuai Pujian Warganet

Natalia Bulan, Okezone · Jum'at 03 Februari 2023 18:52 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 03 65 2758747 viral-di-tiktok-aksi-bersih-bersih-sampah-oleh-mahasiswa-uns-tuai-pujian-warganet-hWazoi2GVm.jpg Aksi bersih-bersih sampah oleh mahasiswa UNS/Istimewa

 

SOLO - Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam beasiswa Rumah Kepemimpinan (RK) Solo mengadakan kegiatan bersih-bersih bertajuk “Resik-Resik Solo” (RRS) di daerah Pasar Gede.

Aksi bersih-bersih ini berhasil mendapatkan likes sebanyak 12,4 ribu dengan views 95,2 ribu, dan menuai komentar sebanyak 619 pada akun TikTok @khanifirsyad.

 BACA JUGA:UNS Terima Kunjungan dari Senat Akademik UI

Adapun, mahasiswa UNS yang terlibat adalah Ahmad Saifudin (Bimbingan Konseling angkatan 2021), Andika Satria Yoga Suharno (Pendidikan Sejarah angkatan 2020), Arzaq Fikrian Zahrawan (Kedokteran angkatan 2020), Daffa Hilmi Fauzan (Teknik Sipil angkatan 2020), Fuad Isnaini (Pendidikan Fisika angkatan 2020), Luthfi Hakim Kurniawan (Kedokteran angkatan 2021).

Kemudian ada juga Muhammad Faiz Rahmadany (Kedokteran angkatan 2020), Muhammad Faris Atstsauri (Matematika angkatan 2020), Muhammad Ghinan Afkar (Sastra Arab angkatan 2020), dan Khanif Irsyad Fahmi (Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian angkatan 2018).

Daffa selaku Presiden Asrama RK menjelaskan bahwa mereka menggunakan media plastik sampah untuk memungut sampah-sampah yang berserakan di daerah Pasar Gede.

“Kita cuman nyediakan trash bag sama sarung tangan plastik seadanya. Terus, kita bagi beberapa tim untuk disebar. Di tim itu ada yang megangin trash bag-nya, ada yang ngambilin sampahnya untuk dimasukkan ke trash bag. Untuk pembagiannya, kemarin hanya di daerah sekitar tugu Pasar Gede, ada yang ke arah Pasar Gede sama ada yang di jalan-jalan sekitar tugu sampai jembatan,” terang Daffa, Jumat (3/2/2023).

Follow Berita Okezone di Google News

Kegiatan yang terlaksana pada Jumat (27/1/2023) ini berlangsung pada pukul 22.30 WIB hingga 23.30 WIB.

Daffa menjelaskan bahwa aksi bermula ketika tim RK UNS melihat banyaknya sampah berserakan saat perayaan Imlek di Pasar Gede.

“Jadi, ide kegiatan ini bermula ketika beberapa waktu sebelumnya kami main ke tempat perayaan Imlek tersebut. Kami melihat masih banyak sampah yang berserakan. Sangat disayangkan melihat acara yang meriah, tetapi di sisi lain sampahnya nggak kalah meriah. Ketika kami membahas soal hal tersebut, ada salah satu teman yang mengusulkan ide untuk melakukan aksi bersih-bersih pada tempat tersebut,” kata Daffa.

Tidak hanya menuai pujian warganet, aksi ini juga mendapatkan apresiasi dari panitia Grebeg Sudiro.

“Alhamdulillah, kemarin Mas Khanif selaku supervisor kami dan juga pemilik akun Tiktok yang viral, sempat di-chat oleh perwakilan panitia Grebeg Sudiro yang mengucapkan terima kasih karena telah membantu membersihkan Pasar Gede. Beliau juga mendoakan semoga Allah membalas kebaikan kami,” kata Daffa.

Mewakili teman-temannya, Daffa berharap agar kegiatan ini dapat merangsang kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sendiri.

“Harapan kami, semoga langkah kecil kami ini bisa merangsang kepedulian masyarakat luas terhadap lingkungannya sendiri. Selain itu kami juga berharap semoga kegiatan semacam ini bisa semakin marak dilakukan oleh siapa saja. Kami juga berharap dengan adanya kegiatan semacam ini jangan sampai malah menciptakan pola pikir yang semakin membenarkan membuang sampah sembarangan hanya karena ada segelintir orang yang secara sukarela membersihkan sampahnya,” harap Daffa.

1
3
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini