Share

Unnes Buka Tiga Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru untuk Tahun 2023, Simak Baik-Baik!

Tim Okezone, Okezone · Senin 30 Januari 2023 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 30 65 2755753 unnes-buka-tiga-jalur-penerimaan-mahasiswa-baru-untuk-tahun-2023-simak-baik-baik-Hfq3gI4mSi.jpg Universitas Negeri Semarang (Unnes)/Dok. Unnes

ย 

SEMARANG - Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan membuka tiga jalur dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SPNMB) 2023 yang sudah dimulai.

Tiga jalur tersebut di antaranya adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri Unnes.

Dikutip dari laman resmi Unnes, pihak kampus juga sudah mengumumkan kuota penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ini.

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH), Unnes akan menyediakan kuota 20% atau sebanyak 2.214 mahasiswa melalui jalur SNBP.

Untuk jalur SNBT kuota sebesar 30% atau 3.333 mahasiswa baru, dan terakhir Seleksi Mandiri Unnes akan menyediakan kuota sebesar 50% atau sebanyak 5.603 mahasiswa.

โ€œItu artinya tahun ini UNNES akan menerima sebanyak 11.150 mahasiswa baru yang terbagi dalam tiga jalur SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri Unnes,โ€ kata Rektor Unnes Profesor Dr S Martono MSi.

Follow Berita Okezone di Google News

Rektor Unnes menyampaikan terkait kecemasan masyarakat tentang biaya kuliah di PTN-BH, Unnes menegaskan akan tetap memberikan afirmasi yang lebih besar kepada mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi.

โ€œUnnes harus menjaga komitmen bahwa Unnes merupakan PTN-BH yang harus tetap memberi peluang pada mahasiswa dari kalangan ekonomi lemah melalui beasiswa dan program di UNNES dan kami tegaskan tidak ada kenaikan biaya kuliah di UNNES. Kita akan memanfaatkan asset yang ada tanpa menaikan biaya kuliah mahasiswa,โ€ tegasnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Profesor Dr Zaenuri SE MSi Akt menyampaikan pelaksanaan jalur SNBP tahun 2023 akan dibuka pada tanggal 14-28 Februari 2023, sedangkan jalur SNBT 2023 terjadwal dibuka tanggal 23 Maret-14 April 2023, dan jalur Seleksi Mandiri Unnes 2023 akan dibuka secepatnya.

Adapun terkait minat dan bakat yang bisa diambil siswa, dia menjelaskan di Unnes terdapat delapan fakultas dan satu program pascasarjana.

โ€œAda 72 program studi dengan keilmuan yang beragam. Ada keolahragaan, seni, kependidikan, bahasa, sosial, hukum, teknik dan sebagainya. Kami yakin Unnes bisa menjadi tempat untuk meningkatkan bakat dan minat yang dimiliki calon mahasiswa,โ€ tuturnya.

1
3
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini