Share

IPB University Riset UKICIS Pariwisata Berbasis Biologi Pulau Belitung, Tim WP 2 Fokus Madu Teran

Suharli, iNews · Selasa 24 Januari 2023 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 65 2752123 ipb-university-riset-ukicis-pariwisata-berbasis-biologi-pulau-belitung-tim-wp-2-fokus-madu-teran-fDuOyDtWWu.jpeg Proses pengambilan sampel di sekitar perternakan lebah madu teran dalam proyek UKICIS-IPB/Suharli L

BELITUNG TIMUR - Sebanyak 40 dosen dari Departemen Biologi Institut Pertanian Bogor (IPB) dari tanggal 12 Januari 2023 meneliti di Belitung Timur dan Belitung dalam projek UKICIS- IPB yaitu kepanjangan dari UK-Indonesia Consortium for Interdisciplinary Sciences- IPB, yang mendapat pendanaan dari LPDP.

Seluruh dosen terbagi dalam 7 kelompok, Tim lebah adalah kelompok ke 2 atau Working Package (WP2) berjudul Edutourism: Bee,Honey, and Propolis atau Pariwisata bersama Lebah Madu dan Propolis.

Tim WP2 terdiri dari dosen IPB yaitu Dr. Rika Raffiudin sebagai koordinator dan Dr. Windra Priawandiputra fokus riset perlebahan, Dr. Nunik Sri Ariyanti fokus riset tumbuhan, dan juga kerjasama dengan dosen Universitas Indonesia Dr. Muhammad Sahlan fokus riset propolis.

WP2 melakukan kegiatan riset di dua Kabupaten, yaitu di Beltim mulai tanggal 14-15 dilanjutkan 19-24 Januari 2023 dan di Belitung dari tanggal 16 -18 Januari dan 20-21 Januari 2023.

Khusus di Beltim WP2 bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM serta Dinas Pariwisata di Penkab Beltim dan beberapa peternak lebah teran di Beltim.

Mahasiswa Pembantu Peneliti WP2, Nadira Madani Hamzah mengatakan mereka ingin turut mengembangkan pariwisata di Beltim berbasis perlebahan dengan proses dari hulu hingga ke hilir.

Follow Berita Okezone di Google News

"Kami mengumpulkan madu dan melakukan analisis vegetasi untuk mengetahui tanaman-tanaman yang ada disekitar koloni-kolini lebah ini sebagai sumber nektar dan polen," ujar Nadira, Selasa (24/1/2023).

Nadira juga menyampikan sebelunya juga sudah dikumpulkan getah tumbuhan seperti dari pohon betor, pohon sukun yang lebah suka kumpulkan untuk menjadi bahan propolis sarangnya.

Mereka berharap nanti wisatawan yang datang ke Beltim selain menikmati madu langsung dari sarang lebah teran juga bertambah dekat dengan lebah dan lingkungan dari hasil riset yang telah mereka lakukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini