Share

Ini Perbedaan CV dan Riwayat Hidup, Perhatikan Baik-Baik untuk Melamar Pekerjaan

Fatmawati, Okezone · Jum'at 16 Desember 2022 10:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 16 624 2728254 ini-perbedaan-cv-dan-riwayat-hidup-perhatikan-baik-baik-untuk-melamar-pekerjaan-wyvkAGteAK.jpg Ilustrasi/Freepik

JAKARTA – Ketika melamar kerja, dibutuhkan beberapa dokumen penting berisikan profil singkat beserta pengalaman dari pelamar untuk menunjang lamaran tersebut sehingga dapat menarik perhatian rekruter untuk me-review lamaran.

Di antaranya yaitu curriculum vitae atau CV, dan riwayat hidup. Kedua dokumen ini memiliki karakteristik yang hampir sama.

Berikut adalah perbedaan antara CV dan riwayat hidup.

 

Curriculum Vitae (CV)

CV menjadi dokumen utama yang diperlukan ketika melamar kerja. Dokumen ini berisikan informasi lengkap atas riwayat hidup seseorang dan menjadi indikator diri meliputi riwayat, pengalaman, dan kemampuan.

Follow Berita Okezone di Google News

Selain itu, CV juga berisikan data diri seseorang, mulai dari pendidikan, pencapaian, pengalaman kerja, dan kegiatan yang sedang atau pernah dikerjakan.

Dalam pembuatan CV, bahasa yang digunakan juga harus bersifat ringkas dan padat, serta informasi yang diberikan juga harus jujur dan akurat.

Daftar Riwayat Hidup

Berbeda dengan CV, daftar riwayat hidup merupakan uraian yang berisikan pengalaman atau sesuatu yang telah dialami oleh seseorang.

Selain berisi informasi seputar data pribadi, daftar riwayat hidup juga memuat pengalaman kerja, pendidikan, daftar prestasi yang pernah diraih, publikasi karya, kemampuan bahasa, dan keterampilan.

Meski cenderung berisi cerita seseorang, penulisan daftar riwayat hidup harus ditulis sesingkat mungkin, hanya mencantumkan hal pentingnya saja.

1
3
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini