Share

Jurusan Kuliah yang Unik dan Dibutuhkan BUMN Tertentu

Ajeng Wirachmi, Litbang Okezone · Sabtu 10 Desember 2022 11:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 10 65 2724458 jurusan-kuliah-yang-unik-dan-dibutuhkan-bumn-tertentu-GFteX2l1tK.jpg

JAKARTA - Perusahaan BUMN membutuhkan sumber daya manusia berkualitas untuk berpartisipasi membangun negeri.

Tak sedikit lulusan perguruan tinggi yang tertarik untuk melamar dan mengikuti seleksi di perusahaan milik BUMB, terutama dengan bidang-bidang tertentu.

Apa saja jurusan kuliah unik yang dibutuhkan? Berikut informasi lengkapnya.

1. Teknik Perminyakan

Perusahaan BUMN seperti PT Geo Dipa Energi (Persero) dan PT Pertamina tentu membutuhkan lulusan dari jurusan teknik perminyakan untuk bergabung di perusahaannya.

Bahkan, untuk mendukung hal tersebut, Universitas Pertamina memiliki jurusan teknik perminyakan.

Follow Berita Okezone di Google News

Tidak hanya belajar mengenai pengolahan minyak, mahasiswa jurusan ini juga diberikan beberapa pilihan bidang yang diminati, seperti produksi dan manajemen migas, teknik pengeboran, ladang minyak digital dan big data, serta teknik reservoir.

Tidak hanya berkarier di perusahaan BUMN, lulusan teknik perminyakan juga memiliki kesempatan untuk mengabdikan diri di kantor pemerintahan, menjadi tenaga pendidik, hingga konsultan.

2. Teknik Material

 

Selanjutnya, ada jurusan kuliah teknik material yang juga dibutuhkan perusahaan BUMN, salah satunya adalah PT Dirgantara Indonesia (Persero).

Melansir laman Institut Teknologi Sumatera (Itera), teknik material adalah sebuah studi yang fokus mempelajari proses manufaktur, pengembangan inovatif material, dan aplikasinya di berbagai bidang.

Ada berbagai jenis material yang dikembangkan, seperti plastik, keramik, material elektroni, serta masih banyak lagi.

Dengan berkembangnya teknik material, maka perkembangan disiplin ilmu teknik di bidang lain juga turut mengikuti.

3. Teknik Pertambangan

Teknik pertambangan masuk dalam salah satu daftar jurusan kuliah yang juga dibidik oleh perusahaan BUMN tertentu yang tergabung dalam Mind ID (Mining Industry Indonesia).

Holding ini beranggotakan beberapa perusahaan BUMN, yakni PT Timah, PT Antam, PT Bukit Asam, PT Freeport Indonesia, dan PT Inalum.

Jurusan kuliah teknik pertambangan akan memberikan ilmu mengenai berbagai proses penambangan mineral dan batubara bagi mahasiswanya.

Fokus jurusan ini ada pada upaya eksplorasi, eksploitasi, dan proses. Di Indonesia, ada beberapa universitas ternama yang menyediakan jurusan ini.

Melansir Sindonews, universitas itu antara lain Institut Teknologi Bandung, UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Syiah Kuala, Universitas Jambi, Universitas Bosowa, dan Universitas Mulawarman.

4. Teknik Perkeretaapian

Alumni teknik perkerataapian sangat dibutuhkan oleh PT KAI, BUMN yang bergerak di bidang transportasi.

Universitas yang memiliki jurusan tersebut adalah Itera, Politeknik Negeri Madiun, Sekolah Tinggi Transportasi Darat, dan Akademi Perkeretaapian Indonesia.

Selama belajar, mahasiswa akan ditempa berbagai hal mengenai kajian operator perkeretaapian, industri kereta api, peralatan perkeretaapian, termasuk big data serta perangkat lunak perkeretaapian.

Tak heran, lulusannya sangat kompeten dan layak berkarier bersama PT KAI. Bagi mereka yang ingin mendaftar di jurusan ini, maka harus memiliki latar pendidikan IPA semasa SMAnya.

Bagi lulusan SMK, jurusan yang dibutuhkan adalah teknik mesin, teknik otomotif, teknik geomatika dan geospasial, serta teknik industri.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini