Share

Mahasiswa Ilmu Politik UB Ciptakan Beragam Permainan untuk Menarik Pemilih Pemula Berpatisipasi di Pemilu

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 08 Desember 2022 15:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 08 65 2723219 mahasiswa-ilmu-politik-ub-ciptakan-beragam-permainan-untuk-menarik-pemilih-pemula-berpatisipasi-di-pemilu-NwY4Nmicyc.jpg Mahasiswa ilmu politik Universitas Brawijaya ciptakan beragam permainan untuk menarik pemilih pemula/Avirista Midaada

MALANG - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) menciptakan sejumlah permainan untuk menarik minat pemilih pemula berpatisipasi di Pemilu 2024.

Beragam permainan diciptakan oleh mahasiswa dadi Program Studi Ilmu Politik FISIP UB, dengan total ada 13 inovasi permainan mulai dari engklek Pemilu, Electopoly, Buzzers, Harry Potter dan beberapa inovasi yang lain.

Inovasi ini menitikberatkan pada permainan permainan sehingga membuat para pemilih pemula tertarik tentang Pemilu.

Dosen Ilmu Politik UB, Wawan Sobari Ph.D mengungkapkan inovasi yang dimunculkan mahasiswa ini adalah buah karya dari mata kuliah Kewirausahaan Politik.

Menurutnya, mahasiswa tidak hanya diberikan dasar-dasar pengetahuan tentang kewirausahaan politik, tapi juga mendesain bentuk bentuk nyata untuk masyarakat.

“Selama ini orang fokus bahwa kewirausahaan selalu dalam konteks ekonomi atau bisnis. Tapi kewirausahaan dalam konteks FISIP adalah kewirausahaan sosial dan politik,” ucap Wawan Sobari, saat dikonfirmasi pada Kamis pagi (8/12/2022).

Follow Berita Okezone di Google News

Inovasi ini disebut Wawan agar mahasiswa juga menciptakan kreativitas dan pembaruan di masyarakat.

Supaya kemampuan mereka sebagai seseorang intelektualitas juga terasah

“Prinsipnya adalah bagaimana kami di kampus melakukan pembaharuan di masyarakat. Dan mahasiswa diminta punya skill bagaimana mendesain perubahan pembaruan di masyarakat,” ucap dia.

Dengan adanya inovasi tersebut, Wawan menyebut mahasiwa selain mendapat teori juga akan mampu memahami perihal kewirausahaan dengan metode ilmu politik.

“Semua ini dilakukan untuk mencari hal hal baru di masyarakat,” ujarnya.

Alumni Doktor Flinders University of South Australia ini membeberkan project game edukasi bertujuan membantu sosialisasi untuk pemilih pemula.

Hal ini supaya Pemilu dianggap sesuatu yang asyik dan lebih kekinian di mata pemilih pemula.

“Mereka para mahasiswa mendorong agar sosialisasi Pemilu tidak bersifat klasikal agar bisa lebih menyentuh ke pemilih pemula,” tegas Wawan Sobari.

Inovasi yang dimunculkan oleh mahasiswa Politik UB ini kata Wawan, akan efektif ke pemilih pemula seperti mahasiswa baru atau bisa diadopsi untuk sosialisasi di SMA.

“Tentu kami juga masih butuh feedback dari permainan yang dimunculkan ini. Setelah ini akan kami lakukan evaluasi agar inovasi ini makin diterima oleh berbagai pihak,” paparnya.

Wawan menegaskan, inovasi yang dimunculkan semua adalah gagasan mahasiswa. Sebagai dosen, dia hanya membantu menajamkan gagasan mereka.

“Saya berharap kegiatan ini bagian dari kampanye publik bahwa sosialisasi pemilu tidak harus dilakukan klasikal, dan bisa dilakukan dua arah. Semoga tahun mendatang eksebisi ini bisa dilakukan jauh lebih baik,” tukasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini