Share

5 Universitas Terbaik di Cirebon, Apa Saja?

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Rabu 07 Desember 2022 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 65 2722410 5-universitas-terbaik-di-cirebon-apa-saja-fcE42B7M1B.jpg Ilustrasi (Foto: Unsplash)

JAKARTA- Universitas terbaik di Cirebon akan dibahas dalam artikel ini. Ada banyak perguruan tinggi yang ada dengan status akreditasi yang baik. Lalu, universitas mana saja yang terbaik di Cirebon? Untuk mengetahuinya, simak rangkuman okezone berikut ini.

1. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon

Kampus IAIN Syekh Nurjati ini sudah terakreditasi B yang diberikan oleh BAN-PT. Namun tidak perlu khawatir, program studi yang berada di kampus ini sudah beberapa memiliki akreditasi A. Beberapanya adalah jurusan S1 filsafat agama, S1 Hukum keluarga, S1 Pend. Bahasa Arab, S1 sejarah dan kebudayaan islam yang sudah terakreditasi A.

Lalu beberapa program studi lain seperti S1 pend. Islam anak usia dini, S1 bimbingan dan konseling islam, S1 komunikasi dan penyiaran islam, S1 Tadris bahasa indonesia, S1 Hukum ekonomi syariah, S1 perbankan syariah, S1 ilmu Al-Quran dan tafsir, S1 pengembangan masyarakat Islam, S1 ilmu hadis, S1 pendidikan guru MI, S1 tadris IPA-Biologi, S1 Tadris IPS, S1 tadris Matematika, S1 tadris B. Inggris dengan akreditasi B.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati)

Unswagati didirikan pada 1916 dengan tujuan membantu pemerintah pada masa penjajahan Belanda dalam melaksanakan pembangunan, khususnya SDM (sumber daya manusia) melalui Pendidikan tinggi. Universitas yang beralamat di Jln. Pemuda No. 32 Kota Cirebon Jawa Barat ini juga memiliki akreditas institusi B yang terdiri dari 7 Fakultas dan 1 Pascasarjana. 16 program studi sarjana dan 4 program studi pascasarjana.

3. Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC)

Universitas satu ini perwujudan idealisme dan komitmen Muhammadiyah Cirebon yang beramal sholeh khususnya untuk peningkatan mutu kehidupan masyarakat. Universitas yang sudah ada sejak 1962 ini beralamat di Jln. Fatahilah Watubelah No. 40 Kabupaten Sumber. UMC diketahui memiliki akreditasi institusi B yang terdiri dari 7 Fakultas 17 program studi.

4. Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Cirebon

Untag Cirebon didirikan pada 2 September 1962, sebagai cabang Untag di Jakarta. Berdirinya universitas ini tidak terlepas dari perjuangan tokoh-tokoh yang semula mendirikan Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) Cirebon pada 1961 yang dipimpin oleh D. Usman Imam sebagai Direktur APP Cirebon. Universitas dengan akreditasi B ini terdiri dari 6 Fakultas dan 1 Pascasarjana, 10 program studi dan 1 program studi pascasarjana.

5. Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon

Unu didirikan oleh Yayasan Cahaya Putra Bangsa yang termasuk organisasi kemasyarakatan Nahdlatul Ulama wilayah Cirebon. Pendirian perguruan tinggi ini akan menjadi kebangkitan awal kaum nahdliyin di wilayah Cirebon. Universitas yang berakreditasi B ini terdiri dari 6 Fakultas dan 15 Program Studi.

Itulah 5 universitas terbaik di Cirebon yang wajib diketahui bagi calon mahasiswa.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini