Share

9 Strategi yang Bisa Dilakukan Fresh Graduate untuk Persiapkan Diri Memasuki Dunia Kerja

Evran Siregar, Presma · Rabu 07 Desember 2022 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 65 2722331 9-strategi-yang-bisa-dilakukan-fresh-graduate-untuk-persiapkan-diri-memasuki-dunia-kerja-UBTZsWSkfA.jpg Ilustrasi/Unsplash

JAKARTA - Lulus dari dunia perkuliahan merupakan salah satu tahapan hidup yang perlu diselesaikan individu.

Langkah selanjutnya adalah memasuki dunia kerja yang jelas terasa sangat berbeda dengan dunia perkuliahan.

Perbedaan akan terasa baik dari sisi rutinitas, kebiasaan, maupun budayanya. Karena itulah, mahasiswa fresh graduate perlu mempersiapkannya dengan baik.

Ikuti strategi-strategi di bawah ini yang bisa dicoba dalam kehidupan:


1. Belajar Mengatur Waktu

Pengaturan waktu yang baik akan sangat membantumu dalam meniti karier. Belajarlah dari hal sederhana seperti bangun pagi dan siap beraktivitas mulai pukul 07.00 atau 08.00 pagi.

Kebanyakan kantor mulai bekerja dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00, bahkan lembur. Kalau pada masa kuliah kamu mungkin bisa mengatur waktumu dengan lebih fleksibel, ketika bekerja, kamu akan perlu mengikuti aturan jam kerja yang khusus.

Follow Berita Okezone di Google News

Kamu juga akan perlu membagi waktu untuk bekerja, aktivitas sosial, dan juga waktu untuk diri sendiri.

2. Membiasakan Diri Pada Rutinitas

Ketika bekerja, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk pekerjaan. Tidak jarang, kamu harus duduk di depan komputer selama berjam-jam dan melakukan hal yang sama setiap hari.

Beberapa jenis pekerjaan akan menuntut fisik yang tahan banting. Tetap menjaga kesehatan sesuai dengan jenis pekerjaan akan menjadi tantangan tersendiri.

3. Belajar Berkomunikasi dengan Berbagai Generasi

Ketika di kampus, kamu terbiasa dengan teman-teman yang sebaya. Namun, dalam dunia kerja, kamu akan menemui rekan kerja dari berbagai latar belakang usia.

Senioritas biasanya menjadi hal yang dominan di manapun. Pandai-pandailah membawa diri dan berkomunikasilah dengan cara yang tepat.

Hormatilah dan hargailah rekan kerja yang lebih senior meskipun secara struktural mereka setingkat ataupun bahkan di bawahmu.

4. Mengelola Keuangan

Kini saatnya kamu belajar mengelola keuanganmu dengan lebih terencana. Ketika sudah memiliki gaji sendiri, biasanya para pekerja muda cenderung ingin membeli apa saja yang sebelumnya tidak bisa dibeli.

Penting buat kalian untuk mulai mengatur keuangan dengan membuat perencanaan dan alokasi yang jelas seperti membayar tagihan listrik, makan sehari-hari, transportasi, dan pastinya menabung.

5. Belajar Bertanggung Jawab

Di dunia kerja, kamu akan diserahi tanggung jawab untuk memegang sebuah project tertentu.

Kesuksesan dan kegagalan dalam melaksanakan tugas itu sepenuhnya ada di tanganmu.

Kamu bisa melatih rasa tanggung jawab ini dengan hal-hal sederhana seperti merapikan kamar setiap hari atau mengurus kendaraanmu dengan baik.

6. Menjadi Team Player

 

Sebuah bisnis adalah sebuah kerja tim besar. Meskipun jika kamu bekerja sendiri di divisimu, kamu tetaplah bagian dari sebuah tim. Dalam tim, setiap orang harus berkontribusi untuk mencapai tujuan perusahaan sesuai dengan perannya masing-masing.

Berlatihlah untuk menjadi fleksibel dan tahu kapan harus mendengarkan dan kapan harus bicara.

 

7. Tampil Secara Profesional

 

Di dalam dunia kerja, penampilan akan sangat menunjang keberhasilan. Buatlah dirimu terlihat sebagai seorang yang profesional.

Kamu bisa mulai dengan pakai pakaian yang lebih formal atau smart casual, belajar menggunakan make-up sehari-hari bagi para cewek, dan menjaga apa yang kamu posting di media sosial.

8. Membangun Networking

 

Semakin besar dan luas jejaring sosialmu maka semakin besar pula kemungkinanmu mendapatkan kesempatan dalam berkarier.

Terbiasa berbicara dengan banyak orang akan mengasah kemampuan berkomunikasi, bernegosiasi, dan juga memperluas wawasanmu tentang banyak hal di dunia ini.

9. Siap dengan Kemungkinan Terburuk

 

Dalam dunia orang dewasa dan bekerja, kita mungkin tidak akan mendapatkan bantuan seperti ketika di bangku kuliah.

Dunia bekerja akan memperlihatkan persaingan kehidupan yang sesungguhnya, ketika kita tidak selalu menjadi pemenangnya.

Siapkan mentalmu untuk menerima kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi. Misalnya, gagal dalam wawancara kerja, gagal mendapatkan promosi pekerjaan, atau bahkan berhenti dari pekerjaan.

Biasakan untuk punya plan B sebagai parasut agar kamu tetap selamat meskipun kamu jatuh.

Evran Siregar

 

Aktivis Persma Aklamasi UIR

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini