Share

Deretan Jurusan yang Cocok untuk Pencinta Bahasa Inggris

Fatmawati, Okezone · Rabu 07 Desember 2022 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 65 2722221 deretan-jurusan-yang-cocok-untuk-pencinta-bahasa-inggris-A8D1zPyhrj.jpg Ilustrasi/Freepik

JAKARTA – Bahasa Inggris adalah sarana komunikasi internasional dan universal sehingga menjadi salah satu bahasa asing yang wajib dipelajari dan akan sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Jika kamu adalah seorang pencinta bahasa Inggris, dan memiliki keinginan untuk memilih jurusan yang memiliki hubungan erat dengan bahasa Inggris, beberapa jurusan di bawah ini bisa pilih saat masuk perguruan tinggi.

1. Sastra Inggris

Jurusan pertama yang sangat cocok dipilih oleh pecinta bahasa Inggris tentunya adalah Jurusan Sastra Inggris. Selain mempelajari ilmu-ilmu dasar bahasa Inggris, jurusan ini juga mempelajari ilmu budaya, kemampuan menerjemahkan dari dan ke bahasa Inggris, serta berbagai ilmu kebahasaan seperti semantik, semiotik, pragmatik, dan sosiolinguistik dalam bahasa Inggris.

Jurusan ini juga mempelajari ilmu yang lebih kompleks dan mendalam mengenai sastra kuno maupun modern, serta sejarah yang berkaitan dengan Inggris dan Amerika.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Ilmu Komunikasi

Jurusan lain yang berkaitan dengan bahasa Inggris adalah Ilmu Komunikasi. Ilmu yang akan didapatkan dalam jurusan ini yaitu mempelajari dan melatih kemampuan berkomunikasi dalam dunia profesional, seperti kemampuan berkomunikasi dengan client, menjadi marketer, atau berkomunikasi di publik. Semua ilmu tersebut juga harus diiringi dengan kemampuan bahasa Inggris.

Maka dari itu, bahasa Inggris menjadi salah satu mata kuliah yang diampu pada kurikulum yang diajarkan. Kemampuan berbahasa Inggris yang baik akan menjadi bekal yang sangat berguna setelah lulus dan melanjutkan karir mu.

3. Hubungan Internasional

Pada Jurusan Hubungan Internasional (HI), ilmu bahasa Inggris tidaklah menjadi ilmu utama yang dipelajari sebab lebih condong mempelajari Ilmu Politik. Meski begitu, bahasa Inggris tetap menjadi komponen utama yang perlu dipelajari oleh para mahasiswanya.

Hal tersebut dikarenakan semua mahasiswa jurusan ini dipersiapkan untuk dapat menjalin hubungan diplomasi dengan berbagai perwakilan dari negara lain. Supaya komunikasi tersebut bisa terus terjalin, para mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni.

Maka, tak heran jika bahasa Inggris menjadi salah satu mata kuliah yang dimiliki oleh jurusan ini karena berperan penting dalam karier lulusannya dalam dunia kerja.

4. Pendidikan Bahasa Inggris

Sebagai mahasiswa yang berkuliah di jurusan ini tentunya akan mendapatkan materi yang erat kaitannya dengan kurikulum pendidikan untuk mengajar bahasa Inggris. Materi lain yang diajarkan juga berupa teori dasar bahasa Inggris dan kemampuan yang dibutuhkan seperti reading, listening, writing, dan juga speaking.

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin bekerja menjadi seorang pengajar atau guru bahasa Inggris, baik sebagai guru SD, SMP, atau SMA sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

5. Pariwisata

Jurusan terakhir adalah Pariwisata dengan salah satu prospek kerja sebagai pemandu wisata atau tour guide. Meskipun tidak selalu bersinggungan dengan internasional, namun sebagai pemandu wisata tentunya memiliki kemungkinan dan kesempatan untuk memandu para pelancong yang berasal dari berbagai negara selain Indonesia.

Untuk dapat berkomunikasi dengan para turis mancanegara, tentunya harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Sebagai modal utama yang penting dalam jurusan ini, maka Ilmu Bahasa Inggris juga menjadi salah satu mata kuliah Jurusan Pariwisata.

Itu dia deretan jurusan yang bisa menjadi pilihanmu sebagai pecinta bahasa Inggris atau mungkin untuk kamu yang ingin mempelajari dan mengasah kemampuanmu berbahasa Inggris.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini