Share

Cara Rumput Teki Berkembang Biak yang Tak Diketahui Banyak Orang

Aryo Hadi Wibowo, Okezone · Senin 05 Desember 2022 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 624 2720869 cara-rumput-teki-berkembang-biak-yang-tak-diketahui-banyak-orang-a3D8psxpFs.jpg Ilustrasi/Healthbenefitstimes

JAKARTA - Cara berkembang biak rumput teki akan dibahas pada artikel kali ini. Rumput teki merupakan tumbuhan yang biasa ditemukan di pinggir jalan, padang rumput area limbah, dan daerah yang merupakan ekosistem alami.

Tumbuhan yang dianggap liar itu adalah suatu tanaman kolonial herba, abadi dan akar berserat yang biasanya tumbuh kisaran setinggi 7-40 cm.

Selain itu tanaman ini dianggap gulma karena sering mengganggu keberadaan pertumbuhan tanaman lain serta membuat kurang estetik.

ย 

Tumbuhan gulma ini punya ciri fisik yang mudah diingat dan mempunyai ciri cukup khas dibanding jenis rumput lainya, sehingga muda untuk diidentifikasikan.

Tumbuhan yang memiliki nama latin Cyperus rotundus ini ternyata sangat cepat berkembang biak dan hidup di lahar terbuka, lalu bagaimana cara rumput teki ini berkembang biak?

Kehadiran rumput teki bukanlah hal ajaib, namun proses perkembangan biaknya menarik untuk disimak.

Follow Berita Okezone di Google News

Berikut Okezone.com coba merangkum dan membahas artikel cara berkembang biak rumput teki.

Tumbuhan ini berkembang biak secara vegetatif, yaitu perkembang biakan tanpa ada peleburan sel kelamin atau proses kawin.

Tumbuhan ini terkenal dengan berkembang biak dengan cepat dan โ€œbandel.โ€

Rumput teki berkembang biak secara vegetatif menggunakan stolon atau disebut juga dengan geragih.

Stolon atau geragih adalah perpanjangan dari batang utama yang tumbuh menyamping dan di ruas-ruasnya akan tumbuh bakal tumbuhan baru.

Bentuk stolon berbuku-buku dan beruas-ruas.

Dari sinilah ruas akan muncul tunas baru yang dapat menjadi tumbuhan individu yang baru.

Setelah dewasa, tumbuhan ini akan tumbuh memanjang dan kemudian menjauhi induknya lalu membengkok ke atas dan membentuk tumbuhan baru.

Biasanya stolon sendiri terletak sekitar 1 meter di bawah permukaan tanah. Dengan demikian itulah yang membuat rumput teki ini sangat sulit dibasmi secara total.

Demikianlah pembahasan menarik tentang cara berkembang biak rumput teki, yang menambah wawasan buat kamu.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini