Share

Kuliah Jurusan Teknik Industri Belajar Apa Saja? Ini Prospek Kerjanya

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Sabtu 03 Desember 2022 07:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 03 65 2719752 kuliah-jurusan-teknik-industri-belajar-apa-saja-ini-prospek-kerjanya-fXblU30Mj7.jpg Ilustrasi (Foto:Huffingtonpost)

JAKARTA- Teknik industri belajar apa ya? Pertanyaan tersebut kerap dilontarkan oleh para calon mahasiswa yang masih bingung untuk memilih jurusan kuliah.

Teknik Industri merupakan salah satu jurusan kuliah yang saat ini banyak diminati. Pasalnya, kemampuan ini banyak dibutuhkan di lapangan kerja.

Lantas, kuliah jurusan teknik industri belajar apa saja dan bagaimana prospek kerjanya ya? Simak jawabannya berikut ini.

Mahasiswa jurusan teknik industri atau industrial engineering ini akan mendalami ilmu tentang proses industri secara teknik dan manajemen agar bisa mengoptimalkan kegiatan manusia dalam hal produksi, pengelolaan, dan ekonomi.

Follow Berita Okezone di Google News

Karena berfokus pada teknik dan manajemen, ilmu yang dipelajari pun cukup beragam yakni kombinasi dari ilmu sosial, teknik sains, dan juga manajemen. Salah satu pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh mahasiswa jurusan teknik industri adalah matematika, fisika, dan ilmu sosial.

Ilmu dasar tersebut nantinya akan dikombinasikan dengan prinsip dan desain teknik untuk merancang, mengelola, memprediksi, dan mengevaluasi hasil dari sistem yang dibuat.

Salah satu jurusan teknik industri terbaik di Indonesia adalah di Universitas Gajah Mada. Dilansir dari laman resminya, berikut beberapa mata kuliah yang akan dipelajari dalam jurusan teknik industri UGM:

-Kalkulus

-Fisika

-Aljabar Linier

-Kimia

-Pemprograman Dasar

-Konsep Teknik

-Statistika

-Akuntansi dan Manajemen

-Manajemen Industri

-Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan

Dan lain-lain

Lulusan teknik industri memiliki peluang kerja yang cukup luas. Seperti manajemen SDM, market researcher, perencanaan dan pengelolaan sistem distribusi, brand manajer, engineering manajer, product analyst, health and safety officer, dan lain-lain.

Demikian jawaban dari pertanyaan kuliah jurusan teknik industri belajar apa saja dan bagaimana prospek kerjanya? Semoga bermanfaat.

 (RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini