Share

5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Sangat Dibutuhkan di Bank BUMN, Bisa Jadi Referensi

Rizky Darmawan, MNC Portal · Kamis 01 Desember 2022 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 65 2718046 5-jurusan-kuliah-yang-lulusannya-sangat-dibutuhkan-di-bank-bumn-bisa-jadi-referensi-7GpPtMcUvQ.jpg Ilustrasi/Okezone

JAKARTA - Berikut ini adalah 5 jurusan kuliah yang lulusannya sangat dibutuhkan di bank BUMN.

Bank BUMN kerap menjadi incaran para pencari kerja selain karena merupakan Badan Usaha Milik Negara, namun juga menjanjikan gaji yang bersaing bagi para karyawannya.

Dalam perbankan, jurusan apa saja bisa masuk ke dalam bank BUMN, namun tentunya ada beberapa jurusan yang mendapatkan perhatian khusus.

Apa saja? Simak selengkapnya di sini!

 

1. Jurusan Perbankan

Jurusan ini tentunya memang sudah dikhususkan bagi mahasiswa yang ingin bekerja di bank setelah lulus nanti.

Program studi yang mempelajari tentang keuangan di berbagai sektor di perbankan tentu memiliki prospek yang bagus.

Beberapa universitas menyediakan jurusan ini seperti UI, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Indonesia dan masih banyak lagi yang lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Jurusan Ekonomi Syariah

Banyaknya bank syariah yang bermunculan belakangan ini tentu membuat jurusan ekonomi syariah akan sangat dibutuhkan.

Ilmu yang diajarkan di prodi ini termasuk hampir sama dengan ilmu ekonomi bedanya terdapat beberapa ajaran islam di dalamnya.

Sehingga sarjana jurusan ini bisa masuk ke perbankan syariah yang ada dan bisa menjadi teller, CS atau yang lainnya.

Universitas yang menyediakan prodi ini tidak hanya universitas islam saja misalnya, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran dan Universitas Diponegoro.

3. Jurusan Ilmu Ekonomi

Ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan sumber daya baik itu manusia atau alam demi kesejahteraan masyarakat tentu membuat sarjana ilmu ekonomi ahli dalam hal menganalisis data. Sehingga dapat diposisikan menjadi Analis kredit, founding officer, hingga customer service atau teller.

Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Padjajaran, Universitas Bina Nusantara adalah beberapa universitas yang menyediakan jurusan yang dibutuhkan di bank tersebut.

4. Jurusan Hukum

Ternyata mahasiswa lulusan hukum juga punya kesempatan untuk kerja di bank. Jurusan ini memang tidak hanya bisa menjadi pengacara atau hakim.

Bila masuk dalam perbankan maka sarjana hukum bisa ditempatkan di enabler ataupun konsultan keuangan.

Universitas yang menyediakan jurusan ini terbilang banyak di Indonesia diantaranya, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, dan masih banyak lainnya.

5. Jurusan Teknik Informatika

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat setiap perusahaan termasuk perbankan membutuhkan karyawan yang mengerti tentang pemrograman atau IT.

Sarjana jurusan ini biasanya menjadi pengembang atau pengelola aplikasi di perbankan.

Jurusan IT ini memang sedang sangat di cari di era saat ini.

Jurusan yang dibutuhkan di bank ini tersedia di Institut Teknik Bandung, Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Negeri Sebelas Maret dan masih banyak lagi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini