Share

Fakultas Kedokteran Unjani Turunkan Tenaga Medis untuk Bantu Warga Korban Gempa Cianjur

Adi Haryanto, Koran Sindo · Selasa 29 November 2022 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 65 2717186 fakultas-kedokteran-unjani-turunkan-tenaga-medis-untuk-bantu-warga-korban-gempa-cianjur-RsiMVSjP1p.jpg Tim relawan dan tenaga medis dari Fakultas Kedokteran Unjani bergerak cepat ke lokasi kejadian gempa bumi Cianjur/Adi Haryanto

CIMAHI - Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) mengirimkan bantuan tim relawan untuk membantu korban bencana gempa bumi Cianjur.

Hal ini didorong karena bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang menimbulkan kerusakan puluhan ribu rumah, infrastruktur dan juga menimbulkan korban jiwa serta luka hingga ratusan orang.

Tim relawan ini diterjunkan karena banyak yang memerlukan respons cepat dari semua unsur terutama dari tim kesehatan untuk memberikan pertolongan.

"Sejak H+1 bencana, tim relawan bencana gempa Cianjur FK Unjani yang dipimpin langsung Dekan FK Unjani Dr. Sutrisno sudah berangkat bersama tim lainnya dengan 8 orang dokter muda FK Unjani Stase Bedah, dan 10 mahasiswa tahap sarjana kedokteran," kata Wakil Dekan 3, Sylvia Mustika, Senin (28/11/2022).

Dikatakannya, tim yang juga diterjunkan seperti dari Tim Forensik dan Departemen Forensik Medikolegal FK Unjani dipimpin oleh dr. Nurul Aida bersama Dokter Muda FK Unjani Stase Forensik.

Mereka turut dalam pengidentifikasian korban meninggal dunia di kamar Jenazah RSUD Sayang, Cianjur.

Follow Berita Okezone di Google News

Menurutnya sesuai dengan visi misi Fakultas Kedokteran Unjani dengan keunggulan bidang kedaruratan medik khususnya manajemen bencana, berupaya fast response ketika ada situasi bencana.

Apalagi daerah Cianjur bisa terjangkau cukup dekat dari Cimahi.

"Atas bantuan Dinas Kesehatan Cianjur khususnya beberapa alumni FK Unjani di Cianjur, Jabarquickrespons, dan Gubernur Jawa Barat, berdiri posko kesehatan dan persalinan FK Unjani di lapangan Kampung Cariu, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur," sebutnya.

Selain itu kata dia, tim juga melakukan susur jemput bola ke pengungsian pengungsian warga di Kampung Babakan Jamaras, Desa Sarampad, Kecamatan Cugenang, yang masih bertahan di tenda-tenda yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat.

Tim Relawan FK Unjani juga membantu persalinan ibu korban gempa serta merawat ibu dan bayi yang lahir di pengungsian.

Dikarenakan permintaan tenaga medis sangat tinggi akibat jumlah korban dan orang sakit yang semakin meningkat, FK Unjani kembali memberangkatkan Tim Relawan FK Unjani Batch 2.

Terdiri dari sejumlah dokter ahli dan 8 dokter baru FK Unjani yang baru saja melaksanakan Sumpah Dokter, dan 11 Dokter Muda Stase Obgin.

Kemudian pada hari Jumat (25/11/2022) Tim Relawan FK Unjani Batch 3 dikirimkan untuk menggantikan Tim Relawan Batch 1 dan 2 yang sudah kelelahan.

Tim Relawan Batch 3 terdiri dari Dokter Alumni FK Ujani dan Dokter Muda FK Unjani Stase THT dan Psikiatri untuk menangani penyakit ISPA yang sudah mulai banyak dan kondisi psikis korban bencana gempa Cianjur.

"Kami juga memberikan bantuan donasi yang dikumpulkan dari Dosen FK Unjani, mahasiswa, dan keluarga besar FK Unjani. Digunakan untuk pembelian obat-obatan, alat kesehatan, bantuan langsung ke korban bencana, serta akomodasi tim relawan," timpal dr. Asti Kristianti yang merupakan Kaprodi Profesi Dokter dan juga koordinator tim relawan.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini