Share

Asrama yang Akan Kumpulkan Mahasiswa dari Seluruh Indonesia Rampung Dibangun, Begini Fasilitasnya

Avirista Midaada, Okezone · Senin 28 November 2022 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 65 2716260 asrama-yang-akan-kumpulkan-mahasiswa-dari-seluruh-indonesia-rampung-dibangun-begini-fasilitasnya-pDJEOdkFjJ.jpg

SURABAYA - Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) merupakan wadah untuk menampung sekaligus arena pembinaan mahasiswa telah rampung dibangun. AMN diperuntukan untuk menampung mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia. AMN yang terletak di Surabaya, Jawa Timur tersebut telah rampung dibangun oleh pemerintah.

Salah satu fungsi AMN merupakan hunian bersama bagi seluruh mahasiswa berprestasi, khususnya mereka para penerima beasiswa pendidikan dari berbagai daerah yang sedang berkuliah di Surabaya dan sekitarnya.

Pembangunannya dimulai sejak bulan September 2021 tahun lalu. Kemudian penyelesaian pembangunan tersebut rampung hingga Mei 2022 dengan kapasitas yang mampu menampung mahasiswa sebanyak 532 orang. Saat ini AMN Surabaya telah dihuni oleh sekitar 410 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Surabaya dan sekitarnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku pelaksana pembangunan AMN, Basuki Hadimuljono dalam kunjungannya ke AMN menyatakan bahwa secara keseluruhan kondisi bangunan asrama berkualitas bagus.

"Kualitas bangunan bagus dan lanskap cukup memuaskan," menurutnya.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur, M Reva Sastrodiningrat menyampaikan bahwa AMN terdiri dari 2 tower dengan masing-masing memiliki 5 lantai.

Untuk menunjang segala aktivitas para mahasiswa yang menghuni AMN, juga sudah disiapkan fasilitas pendukung lainnya. BIN sangat berperan dalam mewujudkan AMN yang layak digunakan sebagai sarana mendidik generasi.muda berwawasan kebhinekaan.

"Bangunan asrama terdiri dari 2 tower setinggi 5 lantai. Fasilitas pendukung pengembangan kompetensi mahasiswa juga dibangunan seperti perpustakaan/ruang baca, ruang belajar bersama, ruang seni, laboratorium, lapangan olahraga, ruang pembinaan entrepreneurship, dan lanskap," pungkas Reva.

Follow Berita Okezone di Google News

AMN sendiri diinisiasi Badan Intelijen Negara (BIN), yang saat ini dipimpin oleh Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr.Budi Gunawan. Mulai dari perencanaan, persiapan pembangunan hingga peresmian, BIN berperan penting sehingga Pembangunan AMN terwujud sesuai dengan yang diharapkan. BIN juga menggandeng berbagai pihak dalam melakukan pembinaan terhadap para mahasiswa penghuni AMN dalam mewujudkan generasi muda tangguh dan berwawasan nusantara.

Sekadar informasi, BIN merupakan lembaga negara yang memliki peran sebagai lini terdepan di bidang intelijen. BIN bertugas dalam menjaga keamanan dan pertahanan negara, guna menjamin suksesnya pembangunan nasional.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini