Share

Mengenal Arti dan Warna-warna Pada Lambang Garuda Pancasila

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Senin 28 November 2022 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 624 2716068 mengenal-arti-dan-warna-warna-pada-lambang-garuda-pancasila-UpJ16A5Te8.jpg Ilustrasi (Foto: Antara)

JAKARTA- Mengenal arti dan warna-warna pada lambang Garuda Pancasila selalu menjadi pelajaran sekolah. Anda tentu sudah mempelajari mengenai makna kerangka Garuda Pancasila dan juga arti lambang di perisainya.

Namun, apakah Anda mengetahui apa arti dari warna-warnanya? Jika belum, berikut arti dan warna-warna pada lambang Garuda Pancasila.

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan, Garuda Pancasila dijadikan sebagai simbol Tanah Air dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” sendiri diambil dari buku Sutasoma yang dikarang oleh Empu Tantular. Semboyan ini memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Hal ini berkaitan dengan keberagaman ras, budaya, suku, dan agama yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Jadi, meski memiliki banyak perbedaan namun tetap menjadi satu kesatuan sebagai warga negara Indonesia.

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara itu, lambang Garuda Pancasila diambil dari sosok burung garuda yang melambangkan kekuatan dan semangat juang yang tinggi. Garuda Pancasila memiliki warna pokok kuning emas. Dilansir dari laman Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud, warna kuning emas pada Garuda Pancasila melambangkan sebuah keagungan. Dimana bangsa Indonesia selalu menjunjung tinggi martabat bangsa yang bersifat agung dan luhur.

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No 24 Tahun 2009, selain warna kuning emas lambang Garuda Pancasila juga menggunakan warna pokok lain, yakni:

a. Warna merah di bagian kanan atas dan kiri bawah perisai yang melambangkan keberanian dan kekuatan.

b. Warna putih di bagian kiri atas dan kanan bawah perisai yang melambangkan kebenaran, kesucian, dan kemurnian.

c. Warna kuning emas untuk seluruh burung Garuda yang melambangkan keluhuran, kemegahan, dan kebesaran.

d. Warna hitam di tengah-tengah perisai yang berbentuk jantung, dan Warna alam untuk seluruh gambar lambang yang melambangkan keabadian.

e. Warna alam untuk seluruh gambar lambang yang melambangkan semangat kehidupan di alam semesta.

Demikian Arti dan Warna-warna Pada Lambang Garuda Pancasila.

 (RIN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini