Share

4 Jurusan Kuliah Paling Sepi Peminat di Fakultas Teknik UI, Masa Depan Tetap Terjamin

Alifia Gita Riani, Litbang Okezone · Sabtu 26 November 2022 06:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 65 2714894 4-jurusan-kuliah-paling-sepi-peminat-di-fakultas-teknik-ui-masa-depan-tetap-terjamin-lAg8J0yy0M.jpg Universitas Indonesia/Dok. UI

JAKARTA - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu fakultas yang banyak diminati oleh mahasiswa.

Banyak yang memilih fakultas ini karena jurusan teknik memiliki prospek kerja yang bagus dan cukup menjanjikan.

Namun ada beberapa jurusan atau program studi di Fakultas Teknik UI yang sepi peminat.

Berikut daftarnya:

1. Teknik Perkapalan

Pada Fakultas Teknik Universitas Indonesia, jurusan Teknik Perkapalan memiliki peminat yang sangat sedikit di tahun 2021, yaitu hanya 179 saja.

Sedangkan untuk daya tampung pada 2022 sebanyak 17 kursi. Walaupun jurusan ini peminatnya sedikit, namun untuk prospek kerja ke depannya, lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan di bidang perencanaan, pembangunan, dan perbaikan kapal khususnya pada industri maritim.

Follow Berita Okezone di Google News

Kementerian Perhubungan juga membutuhkan tenaga ahli perkapalan. Seorang yang telah ahli dalam dunia perkapalan bisa mendapatkan upah atau gaji yang cukup tinggi dan didukung pula dengan peluang kerja yang sangat luas.

Tentunya lulusan perkapalan ini berpeluang memiliki masa depan yang cerah.

2. Teknologi Bioproses

Program studi Teknologi Bioproses, berada di bawah Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia, mendapat peminat yang cukup sedikit di tahun 2021, yaitu 244.

Sedangkan daya tampungnya di tahun 2022 hanya 18 kursi.

Lulusan program studi Teknologi Bioproses dapat digambarkan sebagai “insinyur universal” karena mereka mempelajari dasar-dasar ilmu teknik dan rekayasa teknologi biologis.

Prospek kerja bagi lulusan prodi ini cukup luas. Beberapa bidang industri yang membutuhkan lulusan ini adalah industri pangan, biomaterial, biomedikal, vaksin dan obat-obatan, hingga industri farmasi.

3. Teknik Metalurgi dan Material

Jurusan Teknik Metalurgi di Fakultas Teknik Universitas Indonesia, juga termasuk sepi peminat.

Peminat jurusan idi tahun 2021 sebanyak 340, sedangkan daya tampung pada 2022 sebanyak 28 kursi. Lulusan dari jurusan ini bisa mempunyai prospek kerja yang luas.

Alumni metalurgi dapat bekerja di berbagai lapangan pekerjaan seperti di industri pertambangan, industri baja, industri logam, manufaktur, industri minyak dan gas, perusahaan jasa konsultan, pemasaran, pemerintahan, lembaga penelitian, dan perguruan tinggi.

4. Teknik Lingkungan

 

Jumlah peminat jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia pada 2021 sebesar 346.

Sedangkan untuk daya tampungnya, jurusan ini membuka sebanyak 19 kursi pada 2022. Banyak yang tidak tertarik dengan jurusan ini dikarenakan adanya anggapan bahwa jurusan ini hanya berkaitan dengan lingkungan.

Nyatanya, hampir semua industri membutuhkan ilmu teknik lingkungan, baik itu sektor pemerintahan ataupun swasta.

Di sektor pemerintahan, lulusan jurusan teknik lingkungan dapat bekerja di Kementerian Perindustrian, Kementerian Kelautan, Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan, Kementerian ESDM, dan lembaga pemerintah lainnya.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini