Share

Kisah Tragis Sakiko Kanase Istri Bung Karno Asal Jepang

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Jum'at 25 November 2022 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 624 2714691 kisah-tragis-sakiko-kanase-istri-bung-karno-asal-jepang-lFwsJoouPH.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA- Kisah sedih Sakiko Kanase istri Bung Karno dari Jepang yang terlupakan ini menarik untuk dibahas.

Bung Karno memang dikenal sebagai presiden yang memiliki banyak istri. Kabarnya, Soekarno  memiliki 9 istri, dimana salah satunya merupakan warga Jepang. Namun, di balik itu rupanya ada sosok yang terlupakan yakni Sakiko Kanse.

Kanase Sakiko kemudian disebut memiliki nama panggilan sebagai Mrs Basuki karena nama itu lebih mudah baginya untuk tinggal sebagai istri orang Indonesia.

Begini kisah sedih Sakiko Kanse istri Bung Karno dari Jepang yang terlupakan harus berakhir tragis. Lantaran Presiden pertama itu menikah lagi.

Awal keduanya bertemu saatBung Karno dan Sakiko pertama kali berkenalan pada 1958 di Kyoto, Jepang. Tak lama setelah perkenalan itu, Sakiko resmi menjadi istri presiden pertama Indonesia. Kabarnya, Bung Karno menikahi Sakiko di Hotel Daiichi, Kota Ginza, Jepang.

Follow Berita Okezone di Google News

Setelah menikah, Sakiko lalu diboyong ke Jakarta untuk ditempatkan di sebuah rumah mewah yang berlokasi di Menteng. Sakiko pun memeluk agama Islam dan Bung Karno merubah nama sang istri menjadi Saliku Maesaroh.

Selama hidup di Jakarta, Sakiko rupanya menjalani hari-hari sebagai seorang guru privat untuk anak karyawan Jepang yang bekerja untuk Kinoshita Trading Company.

Sayangnya, kebahagiaan Sakiko tidak berlangsung lama. Pada 1962 Bung Karno melangsungkan pernikahan dengan Naoko Nemoto, seorang gadis Jepang berusia 19 tahun. Setelah menikah, Naoko Nemoto diberi nama Indonesia oleh Bung Karno, yakni Ratna Sari Dewi.

Mengetahui sang suami menikah diam-diam dengan Ratna dan Ratna menjadi istri favorit Bung Karno, Sakiko pun merasa sakit hati dan larut dalam kekecewaan. Sakiko Kanase akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan menyayat urat nadi tangannya pada 30 September 1959 di dalam kamar mandi.

Nama Sakiko Kanase sebagai salah satu istri Bung Karno pun bak terlupakan begitu saja.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini