Share

6 Kampus dengan Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ada Program S2

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Rabu 23 November 2022 19:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 65 2713275 6-kampus-dengan-jurusan-ilmu-kesejahteraan-sosial-ada-program-s2-d8Ccz7r1aI.jpeg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA- Enam kampus dengan jurusan ilmu kesejahteraan yang wajib Anda ketahui akan dibahas pada artikel kali ini. Jurusan ilmu kesejahteraan sosial tentunya cocok bagi Anda yang merasa memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Dalam jurusan ini Anda akan belajar banyak hal terkait pengetahuan dasar mengenai pekerjaan sosial, prinsip, nilai, serta etikanya. Tak hanya itu, Anda juga akan mempelajari kebijakan dan pelayanan sosial di tingkat nasional hingga internasional.

Nah, bagi Anda yang berminat berkuliah di jurusan tersebut, berikut 6 kampus dengan jurusan ilmu kesejahteraan sosial di Indonesia dirangkum dari berbagai sumber:

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia. Melalui Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Indonesia membuka program studi ilmu kesejahteraan sosial pada 1962.

UI menyelenggarakan jurusan ilmu kesejahteraan sosial untuk tiga jenjang sekaligus, yakni S1 dengan akreditasi Unggul, S2 dengan akreditasi Unggul, dan S3 dengan akreditasi A.

2. Universitas Padjajaran

Beralih ke kampus lain, Universitas Padjajaran juga membuka jurusan ilmu kesejahteraan sosial. Jurusan ilmu kesejahteraan sosial di Universitas Padjajaran berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Kampus ini membuka tiga jenjang sekaligus untuk jurusan ini, yakni jenjang sarjana, magister, dan doktor dengan masing-masing terakreditasi A oleh BAN PT.

3. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga

Kampus selanjutnya yang menyelenggarakan jurusan ilmu kesejahteraan sosial adalah Unniversitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga. Jurusan ini berada di bawah Fakultas Dakwah dan Komunikasi. UIN Sunan Kalijaga hanya membuka jurusan ilmu kesejahteraan sosial hanya untuk satu jenjang, yakni sarjana dengan akreditasi A dari BAN PT.

4. Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara pertama kali membuka jurusan ilmu kesejahteraan sosial pada 1986. Saat ini, jurusan tersebut berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dengan jenjang S1. Jurusan ini juga telah mengantongi akreditasi A.

5. Universitas Pasundan

Jurusan ilmu kesejahteraan sosial juga dibuka oleh Universitas Pasundan pada 1978. Berdirinya jurusan ini adalah karena adanya tuntutan dari masyarakat karena banyaknya masalah-masalah sosial yang terjadi.

Jurusan ini berada di bawah FISIP dan saat ini telah mengantongi akreditasi A dari BAN PT.

6. Universitas Muhammadiyah Jakarta

Kampus swasta yang satu ini juga membuka jurusan ilmu kesejahteraan sosial di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) untuk jenjang sarjana. Saat ini, jurusan tersebut telah terakreditasi B dari BAN PT.

Nah, itulah 6 Kampus dengan Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial.

(RIN) 

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini