Share

5 Negara Dengan Spesies Hewan yang Terancam Punah Paling Banyak, Ada dari Indonesia

Cita Zenitha, MNC Portal · Senin 21 November 2022 10:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 21 624 2711495 5-negara-dengan-spesies-hewan-yang-terancam-punah-paling-banyak-ada-dari-indonesia-0J7ItVqtRb.jpg Ilustrasi (Foto: Freepik)

JAKARTA- Ada lima negara dengan spesies hewan yang terancam punah paling banyak mencuri perhatian.

Berdasarkan laporan dari World Wide Fund for Nature penurunan populasi satwa liar secara global mencapai 69% pada tahun 2022. Sebagian besar hewan langka punah karena aktivitas manusia seperti perburuan liar, pembakaran hutan, dan penebangan liar.

International Union for Conservation of Nature (IUCN) mencatat ada 41.000 spesies hewan yang mendekati kepunahan.

Berikut adalah 5 negara dengan spesies hewan yang terancam punah paling banyak dilansir the Richest:

5. China - 773 Spesies

China menjadi salah satu negara dengan angka kepunahan tertinggi di dunia. Berbagai upaya telah China lakukan untuk menekan angka kepunahan spesies di negaranya. Mulai dari membentuk cagar alam sampai membuat kawasan hutan nasional.

Follow Berita Okezone di Google News

Hampir 8,7% bagian China menjadi wilayah yang dilindungi oleh pemerintah. Ada sekitar 773 spesies hewan yang berada di garis kepunahan. Buaya China dan rusa Eld merupakan salah satu hewan mendapat perlindungan ekstra.

4. Indonesia - 833 Spesies

Indonesia masuk daftar negara dengan spesies hewan yang terancam punah. Setidaknya ada 833 spesies hewan di Indonesia yang perlu mendapat perlindungan.

Indonesia sebagai wilayah dengan keanekaragaman hayati seharus dapat menjadi rumah yang aman. Sayangnya, hutan di Indonesia telah rusak. Banyak komunitas pecinta lingkungan yang berusaha melestarikan flora dan fauna Indonesia.

Beberapa hewan Indonesia yang berada di garis kepunahan seperti harimau Sumatra, badak, orang utan, dan gajah.

3. Malaysia - 892 Spesies

Negara tetangga Indonesia ini juga masuk daftar negara dengan hewan hampir punah terbanyak di dunia. Malaysia memiliki sekitar 1.500 mamalia darat yang membutuhkan perlindungan. Hewan seperti kura-kura, harimau, gajah, dna badak termasuk hewan kritis di Malaysia.

2. Amerika Serikat - 1.143 Spesies

Amerika Serikat memiliki sekitar 1.143 spesies hewan yang terancam punah. Sebelum menjadi negara terpadat ketiga di dunia, Amerika Serikat adalah rumah bagi jutaan flora dan fauna.

Dahulu Amerika Serikat memiliki dataran seluar 180 juta hektar yang dihuni musang, bison, pronghorn, dan burung. Para pecinta lingkungan berusaha melakukan konversasi lingkungan. Cougar dan serigala juga tak luput masuk daftar hewan hampir punah di Amerika Serikat.

1. Ekuador - 2.588 Spesies

Lebih dari 2.588 spesies masuk daftar hewan hampir punah di Ekuador. Beruang Andes di Ekuador kini kurang dari 3000 ekor saja. Kepunahan beruang ini membuat spesies lainnya menderita. Eduator sedang berjuang untuk kelanjutan flora dan fauna di negaranya.

Demikian 5 negara dengan spesies hewan yang terancam punah paling banyak. Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini