Share

Alasan Kenapa Indonesia Dikenal sebagai Negara Maritim?

Fatmawati, Okezone · Jum'at 18 November 2022 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 18 624 2710225 alasan-kenapa-indonesia-dikenal-sebagai-negara-maritim-RQHBCnWTrn.jpg Ilustrasi. (Foto: Papua Diving)

JAKARTA Negara maritim adalah sebutan bagi suatu negara kepulauan yang memiliki wilayah daratan yang luasnya hampir sama dengan luas laut dan perairan. Lalu, mengapa Indonesia bisa dikenal sebagai negara maritim?

Mengutip buku ‘Saya Indonesia, Negara Maritim Jati Diri Negaraku’ (2018) karya Ayu Andriani, dikenalnya Indonesia sebagai negara maritim mengacu pada pengakuan dunia bahwa Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Keunikan ini diimbangi dengan ragamnya budaya serta suku bangsa di Indonesia.

Secara geografis, Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan dengan dua pertiga luas lautan lebih besar daripada daratan. Hal ini bisa terlihat dengan adanya garis pantai di hampir setiap pulau di Indonesia (‡ 81.000 km) yang menjadikan Indonesia menempati urutan kedua setelah Kanada sebagai negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia.

Selain itu, Indonesia memiliki iklim tropis dengan hutan, persawahan, kawasan perairan, buah-buahan yang beragam, serta jutaan jenis binatang yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Kepala Pusat Perikanan Kelautan dan Perikanan Badan Pengembangan SDM-KP Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Dr. I Nyoman Suyasa mengungkapkan sejumlah alasan mengapa Indonesia dinilai cocok menjadi poros maritim dunia.

Baca juga: 10 Daftar Negara yang Miliki Perbatasan Perairan dengan RI, dari Malaysia hingga Australia

Salah satunya adalah Indonesia memiliki posisi geostrategis dengan kurang lebih sebanyak 40% lalu lintas perdagangan barang dan jasa yang diangkut kapal melintasi perairan Indonesia termasuk 20% oil demand melalui selat Malaka.

Laut dan selat Indonesia juga dimanfaatkan menjadi jalur transportasi internasional yang ramai, menghubungkan dua benua yaitu pantai Barat Amerika dan benua Eropa.

Selain itu, lautan Indonesia merupakan wilayah Marine Mega-Biodiversity terbesar di dunia, dengan 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut dan 950 spesies biota terumbu karang.

Laut Indonesia juga menjadi pertemuan antara tiga lempeng tektonik, yakni lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia dan lempeng Pasifik. Pertemuan itu dapat memicu terjadinya letusan gunung berapi bersamaan dengan gempa bumi. Peristiwa tersebut menjadi prasyarat pembentukan sumber daya mineral, minyak bumi dan gas di darat maupun laut.

Jika melihat dari kacamata hakikat dan konsep negara maritim, Indonesia tentunya pantas mendapat julukan tersebut berdasarkan kekayaan dan pemanfaatan wilayah perairan yang dimiliki.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini