Share

4 Kampus dengan Jurusan Farmasi Terbaik di Indonesia

Nadilla Syabriya, Okezone · Sabtu 12 November 2022 18:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 12 65 2706218 4-kampus-dengan-jurusan-farmasi-terbaik-di-indonesia-eCuMwd8EPv.jpg Universitas Indonesia (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Pemeringkatan pada program studi maupun jurusan tentu menjadi hal yang menarik setiap tahunnya. Terkhusus untuk para calon mahasiswa yang akan memilih jurusan dalam rangka melanjutkan pendidikan mereka

Pada penerimaan mahasiswa baru, program studi Farmasi menjadi salah satu jurusan kuliah yang memiliki peminat cukup banyak. Jurusan yang berhubungan dengan dunia obat-obatan ini pun tersebar di semua perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Ada sejumlah universitas dengan jurusan farmasi terbaik menurut pemeringkatan yang dirilis oleh Scimago Institutions Rankings (SIR). Lembaga ini menilai atas dasar tiga indikator, yaitu performa penelitian, inovasi dan dampak sosial berdasarkan visibilitas situs institusi yang bersangkutan.

Melansir dari laman resmi schimagoir.com, berikut adalah kampus dengan jurusan Farmasi terbaik di Indonesia. Yuk simak!

1. Universitas Indonesia

Pada posisi pertama dalam pemeringkatan SIR ditempati oleh Universitas Indonesia dengan menduduki peringkat 544 global. Sebagai universitas tertua dan terbaik di Indonesia, bukan hal yang baru bila Universitas Indonesia (UI) memiliki deretan jurusan berkualitas dan terakreditasi baik. Jurusan Farmasi di UI sudah berdiri semenjak 1965. Usia yang sudah matang tentu menjadikan salah satu alasan Jurusan Farmasi menjadi salah satu yang terbaik di Tanah Air.

2. Universitas Mercu Buana

Pada pemeringkatan kali ini, Universitas Mercu Buana menjadi satunya satunya kampus swasta yang masuk dalam lima besar jurusan farmasi terbaik. Kampus ini menempati posisi kedua nasional dan peringkat 642 global.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Universitas Airlangga

Pada posisi ketiga diduduki oleh Universitas Airlangga (Unair) sebagai kampus dengan jurusan Farmasi terbaik. Dalam skala global, kampus ini menempati peringkat ke 643 di bawah jurusan Farmasi Universitas Mercu Buana.

Sebagai informasi, jurusan Farmasi Universitas Airlangga telah mendapatkan akreditasi A oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan yang tertuang dalam SK LAM-PTKes No. 0231/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2015.

4. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) menduduki posisi keempat nasional dan peringkat 668 pada skala global dalam pemeringkatan kali ini. Didirikan pada 6 Oktober 1947, Sekolah Farmasi ITB dulunya bernama Departemen Farmasi, di bawah Fakultas, Faculteit voor Wskunde and Natuurwetenschapen yang saat itu masih merupakan bagian dari Universitas Indonesia yang dibentuk oleh Belanda. Di Sekolah Farmasi ITB ini terdapat dua jurusan, yaitu Sains dan Teknologi Farmasi serta Farmasi Klinik dan Komunitas.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini