Share

6 Sekolah Kedinasan Rekomendasi untuk Anak IPA, Prospek Kerja Luas

Risa Maharani Putri, MNC Portal · Sabtu 12 November 2022 06:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 11 65 2705775 6-sekolah-kedinasan-rekomendasi-untuk-anak-ipa-prospek-kerja-luas-Y0esuqDbbl.jpg Ilustrasi/Unsplash

JAKARTA - Prospek kerja lulusan SMA IPA sangat luas. Banyak perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan program studi menjanjikan untuk para lulusan SMA IPA.

Sekolah tinggi kedinasan juga memiliki beberapa program studi untuk anak SMA IPA.

Kelebihan sekolah kedinasan dibanding yang lain tentu pekerjaannya terjamin dan bebas dari biaya sekolah.

Berikut adalah sekolah kedinasan rekomendasi untuk anak IPA.

1. Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD)

Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD) merupakan perguruan tinggi negeri yang memiliki program studi untuk jurusan IPA.

PTDI-STTD adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan.

Berdasarkan Surat Pengumuman tentang Penerimaan Calon Taruna/Taruni Pola Pembibitan pada Perguruan Tinggi di Lingkungan Kementerian Perhubungan TA 2021/2022, terdapat tiga program studi saintek yang dibuka.

Follow Berita Okezone di Google News

Prodi tersebut yakni Program DIV Transportasi Darat, Program DIII Manajemen Transportasi Jalan, dan Program DIII Manajemen Transportasi Perkeretaapian.

PTDI-STTD juga memiliki program magister dengan pilihan program studi yakni S2 Pemasaran, inovasi, dan teknologi serta Teknik Keselamatan dan Risiko.

2. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Politeknik Siber dan Sandi Negara merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berlokasi di Ciseeng, Jawa Barat.

Pada awal berdirinya, Poltek SSN ini memiliki dua program studi yakni Manajemen Persandian dan Teknik Persandian.

Kemudian untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi, akhirnya ditambah program studi lagi.

Program studi yang ditawarkan sangat cocok untuk lulusan jurusan IPA.

Prodi tersebut antara lain Rekayasa Keamanan Siber, Rekayasa Kriptografi (Rekayasa Sistem Kriptografi atau Rekayasa Perangkat Lunak Kriptografi), dan Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi. Perguruan tinggi yang semula bernama Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) ini ada di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara.

3. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik memiliki program studi yang unggul di bidang statistika yang sesuai dengan perkembangan IPTEK.

STIS memiliki prodi Statistika yang bertujuan untuk menghasilkan ahli madya statistika yang memiliki profil sebagai manajer kegiatan statistik, pengolah dan penyajian data, analis data, hingga menghasilkan integritas serta mengikuti perkembangan IPTEK.

Jurusan tersebut cocok untuk lulusan IPA yang hendak melanjutkan ke perguruan tinggi. STIS, yang berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik, juga sudah terakreditasi B.

4. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)

Sekolah kedinasan satu ini yang paling banyak diminati oleh pelajar. Perguruan tinggi negeri ini berada di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Jurusan yang ada di PKN STAN lebih dominan ke jurusan keuangan dan ekonomi. Pelajar SMA lulusan IPA bisa mendaftar ke PKN STAN.

Banyak sekali keunggulan yang akan didapat jika berkuliah di PKN STAN, antara lain bebas biaya kuliah, setelah lulus bisa ditempatkan sebagai PNS di lingkungan Kementerian Keuangan, dan memiliki standar kurikulum yang tinggi. Beberapa jurusan yang ada di PKN STAN antara lain, Pajak, Akuntansi, Manajemen Aset.

5. Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD)

Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD) merupakan perguruan tinggi negeri yang memiliki program studi untuk jurusan IPA.

PTDI-STTD ini adalah kampus yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan.

Berdasarkan Surat Pengumuman tentang Penerimaan Calon Taruna/Taruni Pola Pembibitan pada Perguruan Tinggi di Lingkungan Kementerian Perhubungan TA 2021/2022 terdapat tiga program studi saintek yang dibuka.

Prodi tersebut yakni Program DIV Transportasi Darat, Program DIII Manajemen Transportasi Jalan, dan Program DIII Manajemen Transportasi Perkeretaapian.

PTDI-STTD juga memiliki program magister dengan pilihan program studi yakni S2 Pemasaran, inovasi, dan teknologi serta Teknik Keselamatan dan risiko.

6. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Perguruan tinggi satu ini memiliki beberapa program studi untuk jurusan IPA. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika berada di bawah naungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Lulusan perguruan tinggi ini banyak yang menjadi calon ahli cuaca, ahli iklim, serta ahli gempa dan teknisi peralatan BMKG.

Bidang STMKG sangat cocok untuk lulusan jurusan IPA. Selain itu lulusan dari STMKG juga dapat langsung jadi PNS sesuai lembaga terkait.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini