Share

3 Negara di Dunia yang Warganya Paling Berpendidikan, Korea Selatan hingga Jepang

Ajeng Wirachmi, Litbang Okezone · Jum'at 28 Oktober 2022 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 28 624 2696135 3-negara-di-dunia-yang-warganya-paling-berpendidikan-korea-selatan-hingga-jepang-f6J1yrKwo2.jpg Ilustrasi/Freepik

JAKARTA - Pendidikan tentunya menjadi satu elemen penting yang patut didapat oleh setiap warga negara.

Beberapa negara di dunia terkenal memiliki sistem pendidikan yang baik dan warganya yang paling berpendidikan.

Berikut beberapa negara di dunia yang warganya paling berpendidikan.

1. Korea Selatan

Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD atau Organization for Economic Co-operation and Development) menyebutkan bahwa warga Korea Selatan adalah yang paling berpendidikan di dunia.

Adapun rentang usia penduduknya yang memiliki pencapaian pendidikan terbaik adalah 25 sampai 33 tahun dengan persentase 69,3%.

Di Korea Selatan, pendidikan sudah banyak berkontribusi pada pemerintahan demokratis di negara tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Sistem pendidikan yang baik rupanya mampu menghasilkan karyawan pekerja keras, terampil, dan cerdas, sehingga mampu membawa kemajuan ekonomi di Korsel.

Sementara itu, baik sekolah negeri atau swasta di negara tersebut sama-sama memiliki standar pendidikan tinggi dengan standar pengajaran terbaik.

2. Kanada

Masih dalam kelompok umur yang sama, yakni 25-33 tahun, sebanyak 66,4% masyarakat Kanada memiliki latar pendidikan yang baik.

Hal ini menjadikan Kanada sebagai negara kedua di dunia yang warganya paling berpendidikan pada tahun 2021.

Melansir laman Edu Canada, Kanada sudah diakui sebagai negara yang memiliki kualitas pendidikan baik di dunia, mulai dari jenjang sekolah dasar hingga pendidikan tinggi.

Di tingkat universitas, 2 dari 5 akademisi di sebuah universitas di Kanada memiliki setidaknya satu gelar internasional.

Saat ini, Kanada mempunyai 11 universitas terbaik di dunia. Masyarakat Kanada yang berpendidikan baik juga tak lepas dari peran pemerintahnya dengan memberikan fasilitas pendidikan gratis pada tingkat sekolah menengah dan menengah atas.

3. Jepang

Jepang memang dikenal sebagai negara yang warganya berpendidikan baik.

Sebanyak 64,8% masyarakat dengan rentang usia 25-33 tahun di Jepang disebut memiliki latar belakang pendidikan dan prestasi mumpuni.

The Atlantic menyebut, pemerintah Jepang memastikan wilayah-wilayah yang tingkat pendapatannya rendah, juga berhak mendapatkan tenaga pendidik dengan kualitas terbaik untuk para pelajar.

Dapat dikatakan, kesempatan bersekolah dan mengenyam pendidikan bagi seluruh masyarakat Jepang sama, baik mereka yang berasal dari kalangan bawah maupun orang dengan latar belakang ekonomi menengah ke atas.

Karena itu, pendidikan di Jepang selalu menekankan pada nilai-nilai kesetaraan sosial.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini