Share

Soal 400 Anggota Tim Bayangan, Rektor UMJ Curiga Ada Orang Dekat Mendikbudristek Punya Kuas Penuh di Atas Dirjen

Natalia Bulan, Okezone · Jum'at 07 Oktober 2022 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 07 65 2682746 soal-400-anggota-tim-bayangan-rektor-umj-curiga-ada-orang-dekat-mendikbudristek-punya-kuas-penuh-di-atas-dirjen-7n9RCfHLGb.jpeg Rektor UMJ Dr Makmun Murod Albarbasyi M.Si/Istimewa

JAKARTA - Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) DR Makmun Murod Albarbasyi MSi menyatakan pengangkatan 400 anggota tim bayangan dilakukan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim bukan hal yang mendesak.

"Menteri mengangkat sebegitu banyak orang, bahkan dengan tegas disebutkan setara dengan Dirjen. Ini saya kira sesuatu yang tidak ada urgensinya," kata Makmun saat berbicara di webinar Partai Perindo bertajuk "Urgensi Kemendikbud Ristek Mengangkat 400 Tim Bayangan” pada Jumat (7/10/2022).

Menurutnya Kemendikbud Ristek yang dulunya Depdikbud bukan kementerian yang baru.

Sejak Indonesia merdeka, sudah terdapat menteri yang mengatur terkait dengan pendidikan.

Artinya kata dia, bukan menteri baru yang membutuhkan sosok serta pegawai baru dan sebagainya, namun hal ini sudah turun temurun.

"Sudah ada orang di dalamnya, tapi kemudian kok sampai mengangkat orang sebegitu banyak. Bahwa saya tegaskan ini tidak ada urgensi sama sekali," jelas Makmun.

Makmun bahkan mempertanyakan dan masyarakat luas pun curiga ada apa gerangan dengan sikap dilakukan Menteri Nadiem yang nekat merekrut 400 anggota tim bayangan tersebut.

"Justru yang saya pertanyakan dan ini pantas kita curigai agenda apa Pak Menteri mengandeng begitu banyak orang menjadi tim bayangan itu. Agenda apa kira-kira?," tanya Makmun.

Soal pengangkatan 400 anggota tim bayangan, Makmun mengaku banyak mendapatkan informasi berkenaan dengan orang-orang dekat Menteri Nadiem yang mempunyai kekuasan luar biasa yang jabatannya di bawah Nadiem.

"Orang-orang dekat pak menteri ini, ada satu dua orang yang kekuasaannya luar biasa. Bahkan levelnya kira-kira hanya di bawah menteri sedikit," ungkapnya.

Menurutnya orang-orang dekat Menteri Nadiem inilah yang diduga cenderung menguasai dalam banyak hal, sehingga mengabaikan para Dirjen yang ada Kemendikbud Ristek.

Dengan kondisi tersebut, maka Kemendikbud Ristek kini tidak lagi sehat dengan hadirnya orang-orang dekat Nadiem yang mempunyai kekuasaan di atas sejumlah Dirjen di Kemendikbud Ristek.

"Jadi kekuasaannya (orang-orang dekat Mendikbud Ristek) sudah di atas Dirjen dan saya kira ini sudah sesuatu yang tidak sehat," tegas Rektor UMJ tersebut.

Ia mengaku jika kondisi ini terus dipertahakan tentu suasana di Kemendikbud Ristek akan semakin runyam dan sistem tidak akan berjalan di kementerian yang menanggangani pendidikan tersebut.

Tidak hanya itu, Makmun mengaku para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kemendikbud Ristek pun mulai gerah dengan tanda petik sudah melakukan perlawanan.

"Dan melakukan pembangkangan, mungkin tugas apa-apa tidak bisa dilaksanakan dengan baik. Itu informasi yang saya peroleh dari teman-teman di Kemendikbudristek yang memang sudah dirasakan sekali," pungkasnya.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini